logo


Sederet Tanaman Hias yang Memiliki Pesona Selamanya

Keindahan tanaman hias yang tumbuh sehat bisa memancing rasa takjub pihak lain

14 Desember 2015 16:41 WIB

Tanaman kantung semar yang merupakan salah satu tanaman yang tak pernah lekang oleh waktu.(dok.Ist.)
Tanaman kantung semar yang merupakan salah satu tanaman yang tak pernah lekang oleh waktu.(dok.Ist.)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Tanaman hias bukan hanya sekedar pemanis tampilan, namun juga bisa meningkatkan gengsi seseorang yang memilikinya. Selain faktor harga, keindahan tanaman hias yang tumbuh sehat bisa memancing rasa takjub pihak lain. Berikut ini deretan nama tanaman hias yang sudah tidak asing ditelinga para penghobiis, namun masih memiliki pesona magnet daya tarik yang memikat. Apa saja?

1. Kantung Semar

Tanaman yang satu ini memiliki ciri khas dari tampilan fisik yang gampang sekali dikenali, yakni memiliki sulur di ujung daunnya yang mirip seperti tampilan kantung besar. Kantung ini berguna untuk menarik mangsa seperti serangga agar hinggap lalu setelah terperangkap, kantung akan segera menutup. Kenapa bisa demikian? karena tanaman ini termasuk tanaman pemakan daging (karnivora). Kantong semar sendiri memiliki spesies sekitar 130 spesies yang tumbuh secara merambat dan dapat tumbuh tinggi 15 sampai 20 meter.


Indah dan Segar jika Tanam Bunga Ini!!

2. Gelombang Cinta

Menengok beberapa tahun kebelakang, yakni sekitar tahun 2010 silam. Tanaman yang satu ini pernah menjadi primadona hingga membuat harganya pun melonjak drastis dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.Namun sayang,geliat tanaman hias yang sedang lesu berdampak pula terhadap tanaman yang bernama gelombang cinta ini. Meski sudah tak sepopuler dulu, ternyata pesona keindahan yang terletak pada daunnya ini tak lekang oleh waktu. Agar tanaman hias gelombang cinta tetap tumbuh optimal, terapkan selalu pola perawatan yang tepat yakni siram tanaman 3 kali sehari, tempatkan di media tanam yang telah dicampur cacahan pakis dan jangan lupa untuk tempatkan tanaman ini di lokasi yang teduh agar tidak terkena paparan sinar maahari langsung.

3. Dendrobium Rantii

Bagi penggemar Anggrek, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenisnya. Salah satunya adalah Dendrobium Rantii, salah satu jenis anggrek yang berasal dari wilayah Sulawesi. Pesona tanaman ini terletak pada permukaan bunganya yang berbentuk seperti bintang, memiliki warna dasar putih, bergaris ungu mulai dari petal hingga pada lidah tanaman. Selain itu, sisi lain yang menarik dari tanaman ini adalah mampu tumbuh didataran tinggi maupun rendah. Tanaman hias ini juga sangat direkomendasikan untuk diletakkan di bagian sudut rumah Anda.

4. Kaktus

Memiliki bentuk yang unik serta perawatannya yang tidak sulit, menjadi faktor alasan kenapa tanaman hias ini banyak diminati. Yap, tanaman berdaging keras dan ditumbuhi sekujur duri ini tak lain adalah kaktus. Tanaman ini memiliki bentuk yang berbeda-beda serta keunikan tersendiri. Namun, bagi Anda yang tertarik untuk menanam kaktus, disarankan untuk meletakkan tanaman ini jauh dari jangkauan anak-anak untuk menghindari duri yang menghiasi tubuhnya.

5. Kemuning

Ciri tanaman hias kemuning dapat dikenali dari aroma yang dipancarkannya karena mengeluarkan wangi yang menohok hidung di malam hari. Tanaman yang memiliki nama latin murraya paniculata ini merupakan tiruan tanaman melati yang banyak dimanfaatkan untuk tampilan dekorasi di pesta perkawinan. Untuk perawatannya, Anda tidak perlu repot, cukup hanya diberikan pupuk dan disiram sesuai kebutuhan saja.

Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Tommy Ismaya