logo


BBM Mobil Anda Biodiesel? Pakai Pelumas Karya Anak Bangsa Ini

'Pakailah pelumas biodiesel, hasil inovasi anak bangsa ini. Harga tidak selisih banyak tapi hasilnya lebih bag

11 Desember 2015 12:59 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) bersama Menperin Saleh Husin (kiri) dan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto (kanan) menunjukkan produk pelumas pertama di dunia, yakni Meditran SX Bio di PUJ Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (11/12). Jitunews/Bayu Erlangga
Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) bersama Menperin Saleh Husin (kiri) dan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto (kanan) menunjukkan produk pelumas pertama di dunia, yakni Meditran SX Bio di PUJ Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (11/12). Jitunews/Bayu Erlangga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanpa disadari, masyarakat pengguna kendaraan berbahan bakar biodiesel sering mengalami proses pembakaran yang tidak sempurna pada kendaraannya. Hal tersebut memberikan banyak dampak negatif pada kendaraan, termasuk pada dampak di filter block.

Menanggapi hal ini, Presiden Direktur PT Pertamina Lubricants Gigih Wahyu Hari Irianto mengungkapkan, pihaknya memiliki solusi atas permasalahan tersebut, yakni dengan pelumas terbarunya, Meditran SX Bio.

Menurut Gigih, pelumas terbaru dari Pertamina ini dapat meminimalisir penggantian filter block yang terlalu sering. "Jadi biodiesel itu punya efek negatif. Yang paling signifikan itu soal filter block. Harus sering diganti. Dengan menggunakan pelumas biasa kekentalan naik jadi tidak bisa melumasi dengan sempurna maka ada kerusakan. Maka logam termakan," ungkap Gigih kepada wartawan saat ditemui di Tanjung Priok, Jakarta, Jum'at (11/12).


Operasikan Pabrik Terbesar se-Asia Tenggara, Pertamina Hemat Rp 3 M

Selama ini, berdasarkan riset Pertamina, masyarakat sering mengalami kerusakan besar pada kendaraan bermotor karena kekentalan pelumas yang terlalu tinggi.

"Kalau pakai pelumas biasa yang terkontaminasi, mana kekentalan lebih dahsyat. Kerusakan lebih gede. Kalau pakai oli kita maka perform baik. Udah uji lab," pungkas Gigih.

Dirinya menghimbau kepada pengelola transportasi yang sudah menggunakan biodiesel pada kendaraannya agar menggunakan pelumas keluaran terbaru dari Pertamina ini. "Pakailah pelumas biodiesel, hasil inovasi anak bangsa ini. Harga tidak selisih banyak tapi hasilnya lebih bagus," ajaknya.

Gigih menyebut, harga pelumas ini dibanderol Rp 55 ribu untuk kemasan satu liter, dan RP 250 ribu untuk kemasan kaleng besar. "Yang 1 liter sekitar Rp 55 ribu. Yang gede itu Rp 250 ribu. Tapi usage (pemakaian)-nya lebih bagus. Jadi kami himbau untuk pakai ini. Ini satu-satunya Pertamina yang punya," tutup Gigih.

Pertamina Luncurkan Pelumas Khusus Biodiesel Pertama di Dunia

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Deni Muhtarudin