logo


Atasi Defisit, Kapal Pembangkit Listrik Dioperasikan Perdana

Kapal pembangkit listrik tersebut memiliki total kapasitas sebesar 125 Mega Watt (MW)

8 Desember 2015 15:11 WIB

Kapal Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Karadeniz Powership Zeynep. (Ist)
Kapal Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Karadeniz Powership Zeynep. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Guna mengatasi defisit listrik yang masih terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, Pemerintah menugaskan kapal Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Karadeniz Powership Zeynep untuk membereskannya.

Rencananya, pembangkit listrik terapung ini akan resmi dilepas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Selasa (8/12/15) dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menuju wilayah Amurang di Minahasa Selatan.

Kapal yang didatangkan dari Turki tersebut, menurut Supervisor Humas dan Bina Lingkungan PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) Tbk Wilayah Suluttenggo Dermawan Amir Uloli, untuk membantu wilayah-wilayah yang mengalami defisit listrik seperti wilayah Gorontalo dan Sulawesi Utara.


Harga Emas Antam Balik Lagi ke Rp 547.000/Gram

"Guna menyiapkan sarana pendukung di darat untuk nantinya dapat mengevakuasi daya listrik dari pembangkit ini ke sistem transmisi listrik Sulut dan Gorontalo, sejak beberapa waktu lalu, PLN Wilayah Suluttenggo secara in-line (bersamaan), melakukan pembangunan tower emergency di lokasi sekitar PLTU Amurang," ungkap Dermawan kepada wartawan melalui keterangan tertulis, Sulawesi Utara, Selasa (8/12).

Kapal tersebut memiliki total kapasitas sebesar 125 Mega Watt (MW), kapal Zeynep Sultan diresmikan langsung oleh Presiden bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Direktur Utama PT PLN (Persero) Tbk Sofyan Basir dan wakil pemerintahan Turki.

Rencananya, kapal pembangkit listrik pertama ini akan mulai dioperasikan pada bulan depan dengan target awal daerah Amurang sebagai daerah pertama penugasan.

Kementerian ESDM Revisi Aturan Tata Cara Penetapan Alokasi Gas

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Deni Muhtarudin