logo


Ekspor Produk Pertanian Turun Akibat El Nino

Sejumlah pelaku ekspotir produk pertanian mengeluhkan ekspor produk pertanian mengalami penurunan yang sangat

6 Desember 2015 12:37 WIB

Petani holtikultura di Jawa Tengah. (dok.beritadaerah).
Petani holtikultura di Jawa Tengah. (dok.beritadaerah).

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dampak El Nino memberikan pengaruh yang cukup besar pada menurunnya produktivitas hasil pertanian tanah air, tidak terkecuali di sektor pertanian yang berskala ekspor. Hingga saat ini pun sejumlah pelaku ekspotir produk pertanian mengeluhkan bahwa sejak musim kemarau beberapa bulan yang lalu untuk ekspor produk pertanian mengalami penurunan yang sangat tajam.

Ketua PT Langit Biru Sukses Eric Solomon selaku eksportir produk sayuran mengatakan bahwa pada musim kemarau kemarin pihaknya sebagai pelaku eksportir mengalami penurunan hingga 70 persen di bandingkan sebelumnya, pasalnya ini terjadi karena musim kemarau yang sangat panjang.

"Ini terberat karena musim kemarau sangat panjang," ungkap Eric di gedung Kementerian Pertanian, Jakarta (4/12).


El Nino Jadi Kambing Hitam Terganggunya Ekspor Pangan

Ia mengakui bahwa kementerian pertanian sudah sejak awal mengambil langkah cepat untuk mengatasi masalah El Nino. Namun, Ia menyayangkan bawa langkah cepat tersebut belum menyentuh sektor tanaman holtikultura.

"Langkah cepat yang dilakukan Kementan hanya sebatas pada sektor pertanian khusus dan belum menyentuh sektor Holtikultura," katanya.

Sementara itu ditempat yang sama Anggota Perwakilan Dewan Teh Farid mengungkapkan bahwa untuk produk teh hingga saat ini terus mengalami penurunan ekspor akibat kemarau panjang.

"Untuk teh sekitar 40 persen terjadi penurunan di bandingkan tahun lalu, ini akibat kemarau panjang," katanya.

Menurutnya turunnya volume ekspor teh pada saat ini seiring dengan terus menurunnya tingkat produktivitas teh akibat dari adanya El Nino yang berkepanjangan.

Ia berharap agar dengan adanya diskusi bersama antara pengusaha dan pihak pemerintah, perhatian pemerintah terhadap sektor pertanian khususnya untuk upaya ekspor semakin meningkat.

Sektor Perkebunan dan Holtikultura Masih Jadi Andalan Ekspor

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Tommy Ismaya