logo


Pacu Ketahanan Pangan dengan Inovasi

Kesejahteraan petani Indonesia harus diperjuangkan

3 Desember 2015 13:39 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ekonom Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Adam Latif, mengatakan, pengembangan inovasi di sektor pertanian harus dilakukan. "Untuk menyukseskan program ketahanan pangan dan kesejahteraan petani di sektor pertanian, upaya pemanfaatan teknologi pertanian harus terus dilakukan," jelas Latif, saat dihubungi jitunews, kamis(3/12).

Tak hanya itu, Latif juga mengungkapkan, saat ini diperlukan upaya pertanian modeen yang masif, tidak hanya setengah-setengah atau bahkan hanya berhenti pada tataran wacana saja.

"Sebentar lagi kita menghadapi MEA, hasil pangan kita akan bersaing dengan hasil pangan dari negara lain, kalau pertanian kita tidak dibarengi dengan sentuhan inovasi, maka hasil pertanian kita akan kalah bersaing dengan hasil pangan dari negara lain, yang pengembangan inovasinya jauh lebih maju," ujar Latif.

Kemudian, terkait dengan adanya upaya dari Kementerian Pertanian (Kementan) yang melakukan langkah modernisasi di sektor pertanian, Latif menjelaskan bahwa langkah itu perlu didukung penuh oleh semua pihak. "Karena sentuhan teknologi di sektor pertanian pada saat ini sangat dibutuhkan," tukasnya.


Upsus Siwab Menjadi Traget Besar Capaian Kementan di Tahun 2017

Sebagai informasi, beberapa waktu yang lalu Kementan melalui Badan Litbang pertanian, telah meluncurkan Tanaman Sains dan Teknologi Pertanian Kementan di Bogor.

Kementan Optimis Langkah Upsus Mampu Dongkrak Produksi Sektor Pangan NTT

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro