logo


Sambiloto, Herba Jitu Peluruh Lemak Tubuh

Tanin dalam sambiloto berfungsi mengurangi penyerapan lemak secara berlebihan oleh tubuh

3 Desember 2015 10:12 WIB

Daun sambiloto.
Daun sambiloto.

JAKARTA, JITUNEWS.COM Anda pasti mengenal tanaman obat ini, sambiloto. Ya, rasa pahit daun sambiloto membuat orang enggan mengonsumsinya. Padahal, daun sambiloto, yang memiliki nama latin Andrographis paniculata ini bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti tifoid, kencing manis (diabetes melitus), influenza, hidung berlendir (rinorea), radang paru-paru, TB paru serta menurunkan berat badan, lho!

Menyoal kandungannya, Herbalis Erwin Eka P mengatakan, daun sambiloto mengandung senyawa tanin dan mustilago. Tanin merupakan senyawa yang banyak didapat di daun, buah, biji, kulit kayu dan bagian-bagian tanaman lainnya.

“Tanin berperan dalam proses perlindungan dari serangan bakteri dan zat-zat berbahaya. Dalam proses penurunan berat badan, tanin berfungsi mengurangi penyerapan lemak secara berlebihan oleh tubuh,” tutur Erwin.

Selain itu, senyawa tanin mempunyai sifat sebagai antibakteri, antiinflamasi dan antiparasit yang memungkinkan tubuh terlindung dari serangan bakteri. Tanin yang cukup banyak terkandung di bagian daun mampu mengurangi penyerapan makanan dengan cara mengendapkan mukosa protein yang ada dalam permukaan usus, sehingga memungkinkan untuk mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh.

Sementara senyawa mustilago, banyak ditemui di bagian daun, kulit kayu dan biji tanaman. Jika senyawa mustilago bertemu dengan air, maka akan membentuk cairan kental semacam lendir yang berfungsi melapisi dinding bagian dalam saluran pencernaan dari iritasi, keasaman dan peradangan.

Selain melindungi, mustilago juga berfungsi sebagai pelicin yang dapat memperlancar saluran pencernaan. Berperan sebagai pelindung dan pelicin, mustilago juga mampu melindungi usus dari penyerapan lemak dan zat lain dalam usus dan mengurangi pengendapan. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi zat dengan dua senyawa tersebut secara berlebihan bisa menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan dehidrasi. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan gampang terserang penyakit karena daya tahan alami tubuh menurun.

Cara menurunkan berat badan dengan daun sambiloto cukup mudah. Pertama, cuci bersih 3-5 lembar daun sambiloto dengan air bersih. Sesudah itu daun sambiloto direbus di dalam 3 gelas air berukuran 250 cc hingga air berkurang menjadi 2 gelas. Bisa dicampurkan dengan 1 sdm madu asli ke dalam air rebusan untuk menghilangkan rasa pahit. Minum rebusan daun sambiloto selagi hangat.

Selain itu, daun sambiloto juga dapat diminum dengan kapsul. Caranya, 10 lembar daun sambiloto yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari ditumbuk hingga halus. Sesudah daun sambiloto halus seperti bubuk, daun bisa dikonsumsi sebagai teh ataupun dimasukkan ke dalam kapsul. Belakangan, beberapa toko obat herbal juga menyediakan kapsul daun sambiloto.

Dengan minum rebusan daun sambiloto secara rutin dua kali sehari, pada pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur, maka pencernaan menjadi lancar dan penyerapan lemak yang masuk ke dalam tubuh berkurang. Dengan demikian, tidak muda terjadi penumpukan lemak yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Setelah satu bulan rutin minum rebusan daun sambiloto, maka dosis dapat diturunkan menjadi satu kali sehari untuk mencegah dehidrasi.

Semoga infonya bermanfaat ya!

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Riana