logo


4 Langkah Merawat Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal sejak ribuan tahun lalu sebagai tanaman dengan beragam khasiat.

2 Desember 2015 11:42 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Lidah buaya sudah terkenal sejak ribuan tahun lalu sebagai tanaman dengan beragam khasiat. Maka tak heran, kita sering melihat bahwa tanaman asli Afrika ini dapat dengan mudah dijumpai di halaman rumah-rumah penduduk. Lidah buaya yang memiliki nama latin Aloe Vera atau Aloe barbadensis Milleer memang dapat tumbuh di daerah yang memiliki temperatur udara panas maupun dingin, di dataran rendah maupun dataran tinggi. Nah, bagi Anda yang ingin menanam tanaman yang memiliki tampilan hampir menyerupai kaktus ini dirumah, tak perlu bingung mencari tahu bagaimana cara perawatannya. Asalkan yang perlu diketahui, sebelum menanam pastikan Anda memilih bibit yang sehat yakni daunnya harus terlihat bersih tanpa adanya bintik atau noda.

 Berikut 4 ulasan cara merawat tanaman lidah buaya yang harus Anda ketahui: 

1. Sinar matahari
Tanaman lidah buaya, salah satu tanaman yang membutuhkan asupan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Hanya saja, hindari intensitas cahaya matahari penuh karena dapat merusak daun. Daun yang rusak biasanya ditandai dengan munculnya bintik coklat gelap atau oranye. Untuk menghindarinya, saat menanam letakkan tanaman lidah buaya ditempat yang teduh.


5 Tanaman Ruangan Tren 2018 untuk Rumahmu, Tengok Yuk!

2. Media tanam
Untuk mendapatkan tanaman yang sehat, Anda harus mengetahui karakteristik media tanam suatu tanaman, karena media tanam antar tumbuhan berbeda-beda. Salah satunya tanah untuk menanam lidah buaya haruslah tanah yang tidak basah. Untuk menghasilkan media tanam tersebut,Anda harus mencampur tanah dengan pasir, batu apung dan perlit.

3. Penyiraman
Permukaan fisik lidah buaya seperti diketahui memiliki daun berdaging, oleh karena itu tanaman ini dipastikan membutuhkan penyiraman air yang tidak sedikit. Namun, jika jumlah pemberian air berlebih, juga akan menyebabkan tanaman menjadi busuk. Untuk menghindarinya, Anda bisa menyiram tanaman ini jika tanahnya sudah terlihat agak kering.

4. Mengganti Pot
Ciri tanaman lidah buaya yang sehat memiliki pertumbuhan yang pesat, hal ini ditandai dengan banyaknya tunas baru yang tumbuh. Anda harus memisahkan jika tunas baru ini sudah mencapai ukuran 10cm,karena jika dibirkan tunas baru ini akan menyedot nutrisi dari pohon induk. Oleh karena itu, segeralah memisahkan dengan menempatkan di pot terpisah. Saat memilih pot juga harus diperhatikan. Pilihlah pot yang lebar karena akan mengakomodasi pertumbuhan daun dan tunas.

 

Kembali Jadi Primadona, Yuk Kenali Manfaat Tersembunyi dari Aglaonema

Halaman: 
Penulis : Hartati, Ignatius Liliek Senaharjanta