logo


Keterbatasan Lahan Jadi Masalah Terbesar Petani

Pemerintah perlu optimalkan aspek-aspek yang berkaitan dengan sektor pertanian

30 November 2015 22:13 WIB

Lahan pertanian (Ist)
Lahan pertanian (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Banyak kendala yang dihadapi pemerintah dalam rangka mewujudkan swasembada pangan, seperti yang diimpikan pemerintah Jokowi-JK. Dari sekian banyak kendala yang dihadapi, Ketua Umum Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI), Sunarso, mengatakan, salah satu kendala besar yang dihadapi petani adalah masalah lahan.   

“Perlu kesepakatan nasional dan dukungan politik untuk melakukan reformasi lahan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi di Jawa dengan di Luar Jawa,” ujar Sunarso melalui keterangan tertulis, Senin (30/11).

Untuk Pulau Jawa, lanjut Sunarso, reformasi lahan tidak perlu dilakukan dengan cara membagi lahan. Pihak-pihak terkait bisa memberikan dukungan industri berbasis pertanian desa untuk optimalisasi pengelolaan lahan pada wilayah tertentu. 


Harga Kopra Anjlok, PKS: Pemerintah Harus Tanggung Jawab Cari Solusi

Sedangkan untuk di luar Pulau Jawa, reformasi lahan dilakukan dengan memberikan kepemilikan lahan terutama di kawasan perbatasan melalui pembangunan masyarakat yang makmur secara ekonomi, cerdas dan bermartabat.

Tak hanya soal lahan, untuk mencapai kondisi swasembada pemerintah juga wajib menerapkan strategi pembangunan pertanian yang visioner dan integratif. “Seluruh potensi sumber daya terkait pertanian, harus bisa dioptimalkan. Negara juga harus hadir mengintegrasikan semua aspek yang diperlukan untuk pembangunan pertanian dalam rangka menciptakan ketahanan dan kedaulatan pangan," pungkas Sunarso.

 

 

 

Petani Diminta Kerja 24 Jam, Demokrat: Edan!

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro