logo


Catat! Lebih Dari 186 Ribu Anak Meninggal karena Kecelakaan Lalu Lintas

Di Indonesia pada 2014, tercatat lebih dari 10 persen kecelakaan lalu lintas yang terjadi, melibatkan anak-ana

30 November 2015 19:50 WIB

Ilustrasi mayat. (Ist)
Ilustrasi mayat. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anak-anak merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap ancaman kecelakaan lalu lintas. Bahkan data terakhir dari World Health Organization (WHO) menunjukkan, di seluruh dunia tercatat lebih dari 186 ribu anak meninggal karena kecelakaan lalu lintas. 

Di negara berkembang, jumlah anak-anak yang meninggal akibat kecelakaan tiga kali lebih banyak daripada di negara maju. Di Indonesia pada 2014, tercatat lebih dari 10 persen kecelakaan lalu lintas yang terjadi, melibatkan anak-anak.

Melihat fakta tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Djoko Sasono, mengatakan, sudah selayaknya semua stakeholder menunjukkan kepedulian terhadap permasalahan keselamatan lalu lintas jalan bagi anak-anak di Indonesia. "Korban kecelakaan, kita tidak ingin secara statistik bertambah," ujar Djoko, Senin (30/11), di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat. 


Mengisukan Habibie Meninggal hingga Trending Topic, Pelaku ini Akhirnya Mengaku

Untuk itu, Pekan Keselamatan Jalan Nasional 2015 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, mengambil tema #SaveKidsLives. Tema ini tak hanya menjadi tema kampanye di Indonesia, namun sudah menjadi isu keselamatan lalu lintas jalan yang mendunia dan dikampanyekan pula oleh dunia internasional, yang didukung resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan WHO. "Imbauan melakukan keselamatan menjadi kultur bangsa ini. Tiap berangkat sekolah, berucap hati-hati karena sebagian besar korbannya anak-anak," tukas Djoko.

Mengantuk Hingga Tak Bisa Kendalikan Kendaraan Diduga Jadi Penyebab Kecelakaan Eggi Sudjana

Halaman: 
Penulis : Rachmad Faisal Harahap, Christophorus Aji Saputro