logo


Woow..Ini 5 Fakta Unik Kaktus

Tanaman kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang dikenal memiliki tampilan unik

30 November 2015 16:35 WIB

Tanaman kaktus.
Tanaman kaktus.

JAKARTA,JITUNEWS.COM - Tanaman kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang dikenal memiliki tampilan unik, berkulit tebal dengan duri disekujur permukaan tanaman. Selain itu, tanaman ini juga dikenal  memiliki kelebihan mampu beradaptasi di iklim panas seperti daerah gurun dengan intensitas curah hujan yang minim. Keunikan ini disebabkan karena anotomi tubuh kaktus dapat menyimpan cadangan air, sehingga membuatnya dapat bertahan meskipun tinggal di daerah panas. Tapi dibalik tampilannya, kaktus menyimpan fakta unik sekaligus menarik yang bisa Anda ketahui. Penasaran seperti apa? Berikut ulasannya.

1. Kaktus memiliki akar rumit yang bisa digunakan untuk menyerap air dari tanah. Uniknya,meskipun tanaman kaktus berukuran kecil, namun ukuran akarnya besar. Akar kaktus akan tumbuh menyebar sekeliling hingga memiliki panjang sekitar dua meter.

2. Bunga kaktus berukuran besar dan memiliki warna warni seperti kuning, pink, merah dan lain-lain. Beberapa bunga kaktus ada yang tumbuh berkembang dalam sehari, lalu sebagian besar juga ada yang mati dalam sehari. Selain itu, ada juga beberapa bunga yang mekar disiang hari, dan sebagian mekar di malam harinya.


Indah dan Segar jika Tanam Bunga Ini!!

3. Kaktus memiliki umur yang bervariasi, ada yang bisa bertahan mulai 25 hingga 300 tahun. Tanaman ini juga memiliki karakteristik yang unik yakni memiliki masa tumbuh dan istirahat. Saat masa tumbuh, tanaman kaktus memerlukan sinar matahari yang tinggi, kelembaban, suhu yang tinggi, dan air. Sedangkan saat fase istirahat tanaman ini tidak membutuhkan intensitas air yang tinggi.

4. Keunikan yang sangat menarik pada kaktus adalah tanaman ini dapat berfungsi menjadi reservoir air alami. Tanaman ini memiliki cairan yang tersimpan ditubuhnya yang berbentuk cairan kental namun aman dikonsumsi bagi manusia.

5. Seperti diketahui, tanaman kaktus memiliki duri disekujur tubuhnya. Ternyata duri tersebut adalah daunnya. Daun kaktus tumbuh berkembang dari sistem khusus yang bernama areole. Untuk ukuran durinya pun memiliki variasi yang masing-masing dapat tumbuh hingga 15cm. Namun, bentuk ukuran dan duri yang lebih pendek bisa mencegah penguapan berlebih. Selain itu, sebagian duri kaktus yang berwarna terang berfungsi memantulkan cahaya matahari untuk menjaga kondisi tanaman selalu dalam keadaan dingin. Fungsi lain tentang duri kaktus adalah sebagai alat pelindung diri dari gangguan hewan yang ingin mengambil air yang terkandung di kaktus.

Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Ignatius Liliek Senaharjanta