logo


Atasi Gagal Ginjal Terminal Dengan Rebusan Daun Sukun

Gagal ginjal termasuk silent killer yang berkembang tanpa memberikan gejala sebagai tanda peringatan

27 November 2015 15:46 WIB

Daun sukun
Daun sukun

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sungguh sulit bagi seseorang untuk menerima kenyataan bahwa ia harus menjalani cuci darah seumur hidup. Selain biayanya mahal, dampak dari proses cuci darah itu pun membuat hidup menjadi tidak nyaman. Hal tersebut harus demikian, karena ginjal tidak mampu berfungsi lagi.

Gagal ginjal termasuk silent killer yang berkembang tanpa memberikan gejala sebagai tanda peringatan, tahu-tahu sudah menjadi kasus yang berat. Begitu fungsi ginjal sudah tinggal di bawah 5%, ginjal hampir tidak berfungsi lagi, dan cuci darah pun dilakukan.

Gagal ginjal terminal (GGT) terjadi bila fungsi ginjal sudah sangat buruk dan penderita mengalami gangguan metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Ginjal yang sakit tidak bisa menahan protein darah (albumin) yang seharusnya dilepaskan ke urine. Awalnya terdapat dalam jumlah sedikit (mikro-albuminuria).

Bila kondisinya semakin parah akan terdapat pula protein lain (proteinuria). Jadi berkurangnya fungsi ginjal menyebabkan terjadinya penumpukan hasil pencecahan protein yang beracun bagi tubuh, yaitu ureum dan nitrogen. Gangguan itu disebut sindroma uremia dengan gejala mual dan muntah.


Tulsi, si Daun Ajaib untuk Mengobati Keracunan Makanan

Selain tindakan preventif seperti banyak minum air putih, berolahraga, membatasi makanan berlemak, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi GGT, berbagai macam metode pengobatan pun mulai diterapkan baik tradisional medis modern. Dalam ranah tradisional, beberapa penelitian menemukan bahwa daun sukun berkhasiat untuk menyembuhkan kinerja dari ginjal.

Daun sukun dipercaya dan terbukti menjadi obat gagal ginjal tanpa cuci darah, serta dapat membantu mengembalikan kondisi ginjal seperti sedia kala. Kandungan dalam daun sukun yang bermanfaat sebagai obat ginjal adalah asam hidrosianat, tannin, dan flavoid.

Selain itu juga terdapat aseticolin dan juga riboflavin yang mempunyai sifat recovery cukup baik untuk ginjal. Pengobatan gagal ginjal dengan daun sukun tentunya jauh lebih ekonomis dan tidak menimbulkan efek samping. 

Berikut adalah cara mengolah daun sukun untuk GGT:

- Sediakan beberapa lembar daun sukun, cuci bersih terlebih dahulu.

- Rebus dengan air secukupnya, tunggu hingga mendidih dan usahakan daun hancur dalam air.

- Diamkan beberapa saat hingga dingin, saring daun sukun dan menyisakan air rebusannya saja.

- Konsumsi dua kali sehari, sebaiknya pada pagi dan sore hari, usahakan seusai makan berat.

Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Tommy Ismaya