logo


Ini Upaya KKP Agar Rumput Laut Bikin Sejahtera Pembudidaya

Rumput laut sudah lama menjadi primadona sub sektor perikanan budidaya Indonesia

25 November 2015 14:03 WIB

Ilustrasi petani rumput laut. (Ist)
Ilustrasi petani rumput laut. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rumput laut sudah lama menjadi primadona sub sektor perikanan Budidaya Indonesia. Usaha Budidaya rumput laut terbukti telah memberikan kontribusi nyata pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir di seluruh Indonesia, khususnya wilayah-wilayah di perbatasan dan pulau-pulau kecil.

Saat ini Indonesia memiliki sekitar 555 jenis rumput laut, dan mengusai lebih dari 50% produk rumput laut hasil Budidaya yang berasal dari jenis Eucheuma cottonii, Eucheuma spinosum, dan Gracillaria sp. Berdasarkan informasi dari Asosiasi Industri Rumput Laut Indonesia (ASTRULI), kebutuhan rumput laut jenis Gracilaria di dunia saat ini sekitar 550.000 ton per tahun. Selanjutnya pemerintah akan mengatur ekspornya sesuai dengan pasokan dan kebutuhan pasar dunia.

"Jumlah ekspor rumput laut yang merupakan salah satu komoditas andalan sektor kelautan dan perikanan di Tanah Air bakal diatur sesuai dengan keutuhan pasar negara-negara sasaran ekspor di dunia," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, saat konferensi pers beberapa waktu lalu.


Cara Membudidayakan Jambu Air (1)

Susi menambahkan, pemerintah akan menyusun road map dan tata niaga rumput laut yang menyertakan pemangku kepentingan dari hulu sampai hilir untuk jangka panjang. Dengan demikian, tidak ada lagi keluhan tentang penurunan harga dan pemenuhan kebutuhan rumput laut. 

Baru-baru ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah melaksanakan rapat koordinasi nasional rumput laut Indonesia di Makassar yang bertujuan mendorong pengembangan usaha Budidaya dan industri rumput laut.

Cara Membudidayakan Jambu Air (2)

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Tommy Ismaya