logo


Indonesia Masih Bergantung pada Energi Fosil 94%

Hal ini yang menyebabkan pemerintah dinilai harus bergerak cepat untuk beralih segera ke Energi Baru Terbaruka

25 November 2015 11:41 WIB

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketergantungan Indonesia terhadap energi fosil sampai saat ini mencapai 94%. Hal ini yang menyebabkan pemerintah dinilai harus bergerak cepat untuk beralih segera ke Energi Baru Terbarukan (EBT).

Direktur Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana, menyatakan bahwa cadangan energi fosil semakin hari semakin menipis. Sehingga ini yang menurut Rida menjadi masalah besar, karena pasokan semakin sedikit tetapi kebutuhan semakin meningkat.

"94% energi yang kita nikmati sekarang berasal dari cadangan energi fosil yang semakin hari semakin menipis, dan kita belum pindah ke EBT. ini masalahnya," ungkap Rida di Jakarta, Selasa malam (24/11).

Menanggapi kondisi demikian, Rida mendorong agar semua pihak secara berkesinambungan dapat melakukan kebiasaan untuk mengefisiensi energi, dimulai dari hal kecil, termasuk pada penghematan listrik.

"Poinnya adalah bagaimana kita mendorong itu sebagai suatu kebiasaan yang berkesinambungan sehingga pada saatnya ada shifting way of live yang tadinya boros jadi hemat. hemat untuk siapa? untuk anak cucu kita," ujarnya.

Satu Lagi, WK Migas Kontrak Gross Split Diteken

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Vicky Anggriawan