logo


6 Langkah Makan Sushi Lebih Nikmat

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang telah mendunia

24 November 2015 10:53 WIB

Sushi. (Jitunews/Upi)
Sushi. (Jitunews/Upi)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sushi merupakan makanan khas Jepang yang telah mendunia. Untuk menyantapnya pun tidak sembarangan, ada etika cara menyantap sushi yang telah diterapkan semenjak zaman nenek moyang mereka di negara asalnya.

Direktur Sushi Tei, Sonny Kurniawan mengatakan cara menyantap sushi sebenarnya tergantung dari masing-masing individu. Namun, ia menyarankan bahwa penggunaan bahan lain untuk campuran menyantap sushi harus sesuai takaran agar tidak mengurangi rasa original sushi sendiri.

"Biasanya kami menyarankan untuk menggunakan kecap asin Jepang sebagai pendamping menyantap sushi, untuk penggunaan wasabi juga jangan terlalu banyak karena wasabi memiliki aroma yang strong sehingga jika digunakan terlalu banyak akan mengurangi rasa asli dari sushi,” tuturnya kepada Jitunews.com, Senin (23/11).


Pono Gandeng UMKM, Resto, dan Kafe di Bulan Ramadan

Nah, bagi Anda yang ingin mempraktekkan cara menyantap sushi seperti di negara asalnya. Berikut ulasannya yang bisa Anda pelajari.

1. Langkah awal, Anda bisa mengambil sushi menggunakan sumpit atau tangan, kedua cara tersebut  sah-sah saja Anda lakukan.

2. Kemudian pastikan Anda mencelup daging ikan ke dalam shoyu atau kecap asin Jepang. Jika bagian nasi yang Anda celupkan, maka nasi akan menyerap shoyu berlebihan dan rasa asin shoyu akan merusak cita rasa alami sushi.

3. Selanjutnya, santap sushi tanpa digigit, melainkan langsung mengonsumsinya dalam satu suapan.

4. Jangan mencampurkan wasabi kedalam kecap. Sebaiknya taruh sedikit wasabi langsung diatas sushi.

5. Di restoran Jepang selalu menyediakan  gari atau acar jahe merah yang biasanya tersedia di piring atau meja Anda. Namun, jangan menyantapnya bersama sushi, melainkan di sela-sela menyantap menu sushi yang berbeda untuk membersihkan mulut Anda.

6. Dan terakhir, untuk memaksimalkan rasa, cobalah saat sedang mengorder menu sushi cobalah untuk mencicipi sushi yang memiliki citarasa ringan dimulut dan barulah untuk menyantap ikan yang memiliki citarasa yang lebih kuat.

 

Jangan Asal Pakai, Begini Cara Pilih Daging Sapi untuk Rendang: Lembut Namun Tidak Hancur

Halaman: 
Penulis : Hartati, Ignatius Liliek Senaharjanta
 
×
×