logo


Pangkostrad: Taipur Memiliki Kemampuan Operasi di Berbagai Bentuk Medan

Terwujudnya prajurit Taipur Kostrad yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi

14 November 2015 10:14 WIB

Kaskostrad laksanakan latihan mendayung.(dok.puspen)
Kaskostrad laksanakan latihan mendayung.(dok.puspen)

PURWAKARTA, JITUNEWS.COM - Tujuan pembentukan Pengintai Tempur (Taipur) ini adalah untuk melatih dan membentuk prajurit satuan jajaran Kostrad menjadi prajurit Taipur yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi di berbagai bentuk medan, baik di rawa laut, hutan gunung dan perkotaan. Demikian dikatakan Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi pada upacara penutupan Latihan Pembentukan Taipur VI Kostrad 2015, di Lapangan Subdenharlat Kostrad Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Jum’at (13/11).

"Sasaran yang ingin dicapai adalah, terwujudnya prajurit Taipur Kostrad yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi lawan gerilya, pertempuran pemukiman dan perkotaan, pertempuran jarak dekat, tugas intelijen Sandhi Yudha serta intelijen tempur aspek laut," ujar Letjen TNI Edy Rahmayadi dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Jitunews.com.

Pada kesempatan ini Pangkostrad menyematkan Brevet Kehormatan Taipur kepada Kaskostrad Mayjen TNI Meris Wiryadi, S.I.P, M.Si., Pangdam 1/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung, Pangdivif 1 Kostrad Mayjen TNI Sudirman, Kasdivif 1 Kostrad Brigjen TNI Agus Suhardi, Waaspam Kasad Brigjen TNI Ilyas Alamsyah, Kasgartap 1 Jakarta Brigjen TNI Pandit Sembiring, S.I.P, Irkostrad Kolonel Inf Besar Harto Karyawan, Koorsahli Gol. IV Pangkostrad Kolonel Inf Josias Mamuko, S.I.P, Asren Kostrad Kolonel Inf Chanlan Adilane, Asops Kaskostrad Kolonel Inf Dwi Darmadi, S.Sos, Aspers Kaskostrad Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, S.E., Aslog Kaskostrad Kolonel Inf Joni Pardede, Aster Kaskostrad Kolonel Inf Bahram, Pabansisdik Sdirdik Kodiklat TNI AD Kolonel Inf Yufti Senjaya dan Dirbinlitbang Pussennif Kodiklat TNI AD Kolonel Inf Ikram Papuntungan.


Ryamizard Ryacudu Akan Temui Menhan Amerika Bahas Dokumen Rahasia Soal G30S/PKI

Seperti diketahui, Menhan RI Ryamizard Ryacudu adalah penggagas sekaligus pendiri satuan Taipur pada Tahun 2001, pada saat menjabat sebagai Panglima Kostrad dengan tujuan agar Kostrad memiliki satuan khusus dengan kualifikasi khusus yang mampu melaksanakan operasi pengintaian dan eksekusi langsung di sasaran.

Saat ini Kostrad telah memiliki satuan tempur yang berkualifikasi khusus, yaitu Satuan Para Raider, Satuan Raider dan Satuan Taipur. Pembentukan Taipur ke-6 Tahun 2015 ini berjalan selama 6 bulan, dimana sebelumnya telah di awali dengan pembentukan Taipur ke-1 pada Tahun 2001, pembentukan Taipur ke-2 Tahun 2002, Taipur ke-3 Tahun 2003, Taipur ke-4 Tahun 2004, Taipur ke-5 Tahun 2009 dan Taipur ke-6 Tahun 2015.

Satuan Taipur tersebut selain memiliki kemampuan tempur khusus juga dilengkapi dengan peralatan tempur khusus, seperti alat selam tempur close circuit, kendaraan bawah air dan berbagai jenis senjata canggih lainnya.

|Kapen Kostrad, Letkol Inf Heru Dwi Wahana| 

Pilgub Sumut 2018, Golkar 'Lirik' Pangkostrad Edi Rahmayadi

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya