logo


Klik, Ini Dia Tips Jitu Kuliah Sambil Kerja

Berikut tips jitu yang bisa anda ikuti, sehingga anda bisa meraih impian kuliah sekaligus bekerja.

14 November 2015 09:46 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

aJAKARTA, JITUNEWS.COM - Sukses adalah impian setiap orang, namun tak jarang untuk meraihnya pun diperlukan usaha yang keras dan memerlukan waktu yang tidak sedikit. Sebenarnya, anda juga sudah bisa membangun karir sejak masa kuliah dengan sambil bekerja. namun menjalani dua profesi yang berbeda dalam waktu bersamaan bukanlah suatu perkara yang mudah.

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam hidup anda. Dalam dunia kerja pun pendidikan adalah modal dasar untuk menjajaki karir ke jenjang yang lebih tinggi.

Saat kuliah anda harus bergulat dengan tugas-tugas kuliah yang menumpuk, dan diimbangi dengan tugas kantor yang menuntut konsentrasi dan tanggung jawab anda. di sinilah kondisi yang banyak menimbulkan masalah. Dimana tidak sedikit orang yang lebih fokus ke dunia kerja dan akhirnya harus terjebak, sehingga harus meninggalkan kuliah yang seharusnya menjadi prioritas utama. Hal ini sudah banyak terjadi di dunia nyata.

Namun anda tidak perlu khawatir, berikut tips jitu yang bisa anda ikuti, sehingga anda bisa meraih impian dengan berkuliah sekaligus bekerja. Mau tahu seperti apa? berikut ulasannya.

1. Realistis

Kendala utama yang seringkali dihadapi adalah saat harus memilih dua profesi berbeda sekaligus tentunya harus memaksa anda untuk mengorbankan salah satunya. Misalnya, di satu sisi anda dikejar pekerjaan yang menuntut konsentrasi tinggi, tetapi di saat yang bersamaan, anda harus mengerjakan tugas kuliah. Namun anda harus bersikap realistis dan berpikir positif. Jika anda tidak bisa mendapatkan nilai bagus saat kuliah, maka hadapilah kenyataan bahwa hal tersebut harus menjadi konsekuensi yang anda terima dan tetap pada tujuan bahwa nilai bukan hal utama dalam tolak ukur suatu kesuksesan.

2. Atur Jadwal

Waktu adalah kendala dalam menghadapi perkuliahan. Anda harus pintar-pintar mengatur jadwal kerja dengan waktu perkuliahan. Manfaatkanlah waktu sekecil apapun yang bisa anda manfaatkan untuk mengerjakan tugas kuliah di sela-sela tugas kantor anda.

3. Siapkan Diri Untuk Menghadapi Stress

Saat anda harus membagi pikiran dengan mencari nafkah dan kuliah, kadangkala stress akan melanda. Sebaiknya sedari awal anda sudah mempersiapkan diri bahwa anda harus bisa melewati ini semua. Tanamkan tekad bulat untuk meraih kesuksesaan sebagai cara ampuh untuk mengatasi stress anda. Sesekali gunakan waktu luang untuk menjernihkan pikiran anda agar tidak terlalu terbebani.

4. Hadapi Konsekuensi Anda

Menjalani dua profesi berbeda sekaligus yakni sebagai seorang pekerja dan mahasiswa tentu memiliki konsekuensi. Sebaiknya anda hadapi konsekuensi dengan terus memotivasi diri anda.

Ingat! Hal Biasa dalam Hidup Ini Ternyata Sangat Berharga

Halaman: 
Penulis : Hartati, Deni Muhtarudin