logo


Obat Diabetes ? Cobain Deh Herbal Dandang Gendis

Selain sebagai obat diabetes, dandang gendis juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

13 November 2015 13:18 WIB

Ilustrasi. (Foto: Google image)
Ilustrasi. (Foto: Google image)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rasanya belum banyak yang tahu jika tanaman dandang gendis sejenis tanaman pagar ini bisa dibuat jadi obat diabetes. Konon tanaman ini bisa membantu menormalkan lagi kadar gula darah.

Nama dandang gendis mirip dengan judul tembang jawa, dandang gulo (gendis). Tanaman ini tumbuh subur di tanah Jawa terutama di Jawa Timur. Orang Sunda menyebutnya sebagai tanaman ki tajam.

Untuk bisa membuat obat diabetes, dandang gendis dapat dimanfaatkan tunggal, tanpa campuran. Biasanya dibuat ekstrak kering untuk dijadikan teh.

Selain sebagai obat diabetes, dandang gendis juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya adalah dengan mengekstrak dandang gendis lebih dulu baru dicampur herba lainnya dan dicampur meniran. Kedua herba ini direbus bersamaan, lalu ditambahkan sedikit madu agar terasa manis.

Namun, kita harus berhati-hati dalam memanfaatkan daun dadang gendis sebagai herba, terutama jika direbus. Jika dalam bentuk segar, agar saat direbus manfaatnya tidak terbuang, sebaiknya layukan dulu sebelum direbus. Petik daun di pagi hari, sorenya baru diolah.

|Berbagai sumber|Ali Hamid|

Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Cegah Obesitas Hingga...

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya