logo


Lima Kunci Jitu untuk Menjadi Pemimpin Besar

Seorang pemimpin akan mendekati dunia dan membawa dampak pada kehidupan orang-orang sekitar

10 November 2015 16:09 WIB


JITUNEWS.COM -  "If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader", demikian ungkapan dari John Quincy Adams yang menjadi favorit banyak orang termasuk saya. Seperti diketahui, kita semua semua memiliki potensi untuk menjadi pemimpin.

Sudah banyak pemimpin di segala pelosok negeri yang juga belajar dari banyak gaya kepemimpinan para pemimpin yang sukses. Seperti dilansir dari laman pribadi President & Chief Executive Officer Intuit, Brad Smith, Selasa (10/11), terdapat lima karateristik kepemimpinan di dunia. Berikut lima karakteristik kepemimpinan tersebut:

1. Berpikir Strategis

Pada tingkat dasar, pemimpin harus memiliki kemampuan untuk berpikir end-to-end dan berpikir jauh ke depan melampaui batas-batas horizon. Berpikir strategis hampir disamakan dengan permainan catur, namun bukan menjadi pemainnya. Jika berpikir sebagai pemain catur, maka itu akan menggoda para pemimpin untuk menghabiskan terlalu banyak waktu hanya berfokus pada kegiatan sehari-hari yang tampaknya lebih mendesak. Tetapi jika Anda mampu mengantisipasi apa yang akan datang di kemudian hari, Anda nantinya akan berkembang dalam lingkungan yang tidak pasti, dan ini menciptakan sebuah tim yang sukses terhadap segala kondisi di depan.

2. Berorientasi pada Hasil

Kepemimpinan bukan hanya tentang pemikiran, tapi lebih pada melakukan. Pada akhirnya, itu lebih pada hasil. Seorang pemimpin yang bijaksana tidak akan meminta tim-nya untuk mencari strategi 'memindahkan gunung'. Ia justru meminta untuk menghilangkan hambatan dan fokus pada menciptakan lingkungan di mana ide-ide besar dapat datang. Strategi ini dapat membuat lompatan besar 'melewati gunung' - dari aspirasi menjadi kenyataan.

3. Membangun Tim

Kepemimpinan bukan tentang kontribusi individu, melainkan kemampuan untuk menerjemahkan kemampuan individu menjadi kemampuan organisasi. Pemimpin besar selalu bermain untuk mencari penyebab yang lebih besar dari diri sendiri. Dan untuk menjadi pemimpin yang sukses, mereka akan menarik, membuat tumbuh dan memberdayakan bakat dari individu-individu agar muncul ke permukaan. Peran pemimpin adalah untuk memberikan tantangan besar, berinvestasi pada individu dan menciptakan sebuah lingkungan di mana kebesaran para individu dapat muncul.

4. Mampu Beradaptasi

Dalam dunia sekarang ini, laju perubahan sangat cepat. Seorang pemimpin besar akan terus-menerus beradaptasi dengan dunia yang terus berubah. Lalu mengubah kemampuan adaptasi dan manajemen perubahan menjadi kemampuan inti untuk tim-nya. Para pemimpin terbaik berkembang dan bersemangat untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri mereka sendiri, dan organisasi Anda harus berbagi pola pikir yang sama pula.

5. Menginspirasi

Terakhir, pemimpin besar menginspirasi baik hati dan pikiran, memungkinkan orang untuk melakukan hal-hal yang luar biasa. Para pemimpin terbaik membawa perpaduan unik dari kecerdasan emosional (EQ) dengan kecerdasan intelektual (IQ) para individu. Sebagai manusia, kita sering tidak peduli apa yang Anda tahu, sampai kita tahu bahwa Anda peduli. Pemimpin besar meregangkan tim mereka secara intelektual, sementara emosianal menjadi investasi di dalamnya.

Penjelasan di atas tidak ada hubungannya sama sekali dengan manajemen karyawan, tapi ini adalah bagaimana mendekati dunia dan membawa dampak pada kehidupan orang-orang saat kita berinteraksi.

|ty|berbagai sumber|

Bosan di Rumah Terus? Yuk Coba Lakukan Hal Ini Agar Social Distancing Lebih Menyenangkan

Halaman: 
Penulis :