logo


Pertamina Janji Terbuka Soal Audit Petral

Pertamina menyampaikan, jika pihak berwajib meminta datanya, maka Pertamina siap memberikan.

9 November 2015 17:01 WIB

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro. (Istimewa)
Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) Tbk menyampaikan, bahwa pihaknya sangat terbuka jika hasil investigasi Pertamina Energy Trading Limited (Petral) dibawa ke jalur hukum.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengungkapkan, bahwa pihaknya akan terbuka dengan berbagai pilihan yang diusulkan, termasuk untuk membawa hal tersebut ke jalur hukum.

Meskipun begitu, Wianda melanjutkan, pihaknya tidak bisa secara sepihak menentukan siapa tokoh yang terlibat atau bersalah. Menurutnya, tugas auditor yang dipilih Pertamina bukan untuk hal tersebut.


Jelang Idul Fitri, Pertamina Jamin Pasokan LPG Bandung Raya dan Priangan Timur Aman

"Jadi kita sangat open dengan berbagai opsi, karena benar sekali dari laporan hasil audit kita tidak bisa secara sepihak nyatakan bahwa A, B, C, terlibat atau bersalah. Itu kan bukan tugas tim audit," ungkap Wianda kepada wartawan saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (9/11).

Wianda menjelaskan, fungsi auditor di sini bukan untuk memutuskan kegiatan yang tidak wajar masuk ke dalam indikasi korupsi atau tidak.

"Kan dia tidak bisa mengambil keputusan apakah kegiatan yang tidak wajar ini masuk indikasi korupsi atau tidak. Karena itu kan aparat hukum yang punya kacamata itu," jelasnya.

Dengan demikian, Wianda mengaku, Pertamina akan sangat terbuka jika ada pihak berwenang yang meminta laporan tersebut. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

"Makanya kita sesuai dengan arahan Menteri BUMN. Kami sangat terbuka kalau diminta laporan. Karena sebenarnya laporan audit ini laporan awal," tutup Wianda.

Soal Alih Kelola ke Pertamina, Masalah Blok Rokan Harus Dituntaskan

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Deni Muhtarudin