logo


Petani di Sumbar Mulai Membudidaya Jeruk Jesigo

Luas kebun jeruk berdasarkan program pemerintah termasuk tahun ini sudah mencapai luas 891 hektare

7 November 2015 00:00 WIB

Petani jeruk jesigo (Ist)
Petani jeruk jesigo (Ist)

SUMBAR, JITUNEWS.COM - Sekitar 593 anggota kelompok tani yang tergabung dalam 34 kelompok, di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), diberdayakan untuk berkebun jeruk, seiring memperoleh bantuan untuk mengembangkan Budidaya Jeruk Siam Gunung Omeh (Jesigo) seluas 106 hektare yang tersebar pada empat kecamatan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Limapuluh Kota, Afrizul Nazar mengatakan, program itu dibiayai APBD Limapuluh Kota dan APBN Perubahan di kawasan sentra jeruk Kecamatan Gunung Omeh, Suliki, Bukik Barisan dan Kecamatan Situjuh Limo Nagari.

Menurutnya, penetapan kawasan sentra jeruk tersebut, berdasarkan keputusan Bupati Limapuluh Kota nomor 678 tahun 2013. Sehingga tahun 2015 ini pengembangan dan perluasanan Budidaya jeruk diprioritaskan pada empat kecamatan.

”Bila program ini berjalan mulus, maka kebun jeruk di daerah ini akan semakin luas,” jelasnya saat dihubungi, Sabtu (11/7).

Ia menegaskan, setiap tahun Pemkab Limapuluh Kota, melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Limapuluh Kota, selalu berupaya mengembangkan dengan memperluas lahan tanaman jesigo yang melibatkan kelompok tani pada tiga kecamatan.

Selain Kecamatan Gunuang Omeh, juga sudah dilaksanakan perluasan kebun jesigo pada beberapa jorong di Kecamatan Bukik Barisan dan Kecamatan Suliki.

Menurutnya, sejauh ini luas kebun jeruk berdasarkan program pemerintah termasuk tahun ini sudah mencapai luas 891 hektare. Tahun 2011 (500 hektare), 2012 (200 hektare), 2013 (50 hektare) tahun 2014 dari rencana semula 70 hektare terealisasi 35 hektare dan tahun ini 106 hektare.

(Mohammad Noli Hendra)

Nasib Nelayan Tergantung Belas Kasih Sang Pengepul Ikan

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan
 
×
×