logo


Pesona Ragam Bunga Teratai yang Menyihir Pandangan Mata

Poin terpenting dalam merawat teratai adalah memperhatikan jenis pot yang digunakan

6 November 2015 18:08 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Tak hanya menawarkan keindahan, tanaman yang menggunakan media air sebagai hidupnya ini juga memiliki fungsi sebagai penentram jiwa. Jika saat ini sedang banyak rutinitas pekerjaan yang menyita waktu hingga membuat pikiran Anda penat. Cobalah untuk menenangkan pikiran Anda dengan menengok ke tanaman hias teratai kesayangan yang Anda letakkan di kolam atau pot besar yang berada di teras rumah.

Teratai
dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki ciri berdaun lebar sejajar dengan air dan memiliki aroma harum pada bunganya. Tak hanya itu, tanaman ini juga banyak memiliki panggilan nama, antara lain padma, seroia, terate, tarate serta taratai besar. Untuk nama latin, tanaman ini memiliki nama-nama yang berbeda sesuai dengan spesies dan warna bunganya meskipun sama-sama berasal dari famili Nymphaeaceae. Uniknya, dari keseluruhan spesies yang dimiliki oleh teratai, secara fisiologis tanaman ini tak memiliki perbedaan yang signifikan.

Menurut salah satu pedagang bunga teratai di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Didi mengatakan bahwa merawat tanaman air ini tidaklah sulit. Suhu panas seperti di kota besar bukan menjadi halangan, melainkan bisa merangsang bunga agar mudah tumbuh mekar.

"Soalnya tanaman teratai sendiri suka dengan suhu hangat, meskipun media hidupnya menggunakan air," tutur Didi kepada JITUNEWS.COM.

Didi pun mengatakan, poin terpenting dalam merawat teratai adalah memperhatikan jenis pot yang digunakan.

"Idealnya pot yang memiliki diameter agak lebih besar, seperti 50 cm. hal ini biar tidak mengganggu pergerakan akar dan daunnya yang lebar," tukasnya.

Selain memiliki tampilan yang unik dan eksotis, warna daun teratai juga melahirkan pesona tersendiri. Untuk menghasilkan gradasi warna yang bagus pada satu kolam, dikatkan Didi, Anda bisa menggabungkan sedikitnya 3 hingga 4 warna dalam satu pot hingga warna yang berbeda dalam satu wadah.

"Biar enggak monoton tampilannya, banyak yang mengkombinasikan jenis teratai lain dalam satu wadah, seperti mengkombinasikan teratai putih jawa sama teratai biru atau teratai putih hutan dengan teratai silangan," pungkasnya.

Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Riana