logo


Kemendag Bakal Memperkuat Pasar Dalam Negeri

Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong mengaku telah memfasilitasi sekitar 22 ribu UMKM

5 November 2015 16:22 WIB

Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong. (Foto: Istimewa)
Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komitmen Kementerian Perdagangan (Kemendag) selama ini untuk bekerja keras memperkuat pasar dalam negeri dengan meningkatkan kualitas dan daya saing produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari 34 Provinsi berimbas baik. Pasalnya, dengan peningkatan akses pasar akan mampu meningkatkan potensi daerah yang berimbas pada perekonomian daerah tersebut.

Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong mengaku telah memfasilitasi sekitar 22 ribu UMKM dalam berbagai kegiatan, salah satunya melalui Pameran Pangan Nusantara dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPN-PPDN) 2015. Hasilnya, sangat menggembirakan karena 30% peserta pameran telah sukses menjalin kemitraan dengan ritel atau toko modern sebagai penyuplai.

"UMKM unggulan yang selama ini kesulitan meningkatkan akses pasar dan promosi dapat terfasilitasi, khususnya dalam memperluas jejaring pemasaran. Ini akan mendorong peningkatan daya saing pelaku usaha sekaligus mempromosikan potensi daerah yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian daerah," tuturnya di Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (5/11).


Ini yang Bikin Produk Indonesia Kalah Bersaing Secara Global

Ia menambahkan bahwa, dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir, pelaksanaan PPN-PPDN telah meraup total nilai transaksi sebesar Rp 14 miliar yang dihasilkan oleh 3.100 UMKM. Transaksi ritel UKM pada PPN-PPDN juga meningkat rata-rata 59% setiap tahun dengan pengunjung sebanyak 70 hingga 290 ribu orang selama empat hari pelaksanaan.

"Langkah ini akan terus dilakukan guna menaikkan taraf pelaku UMKM yang sebelumnya berskala mikro, meningkat menjadi kecil, yang kecil kemudian menjadi kelas menengah hingga menjadi mandiri," lanjutnya.

Tahun ini pameran diikiuti sekitar 280 peserta UKM dari 34 provinsi, termasuk juga pelaku usaha binaan dari Dinas Perdagangan DKI Jakarta yang telah diseleksi, serta dari berbagai kabupaten dan kota yang tersebar di Indonesia. PPN Nasional tahun ini juga merupakan penyelenggaraan ke 10, yang diramaikan 133 stand yang menampilkan produk-produk dalam negeri.

Trade Expo Indonesia 2019, Ajang Promosi Produk Indonesia ke Pasar Global

Halaman: 
Penulis : Andi Dwijayanto, Tommy Ismaya