logo


Mendag: Indonesia Siap Hadapi Pasar Global!

Thomas Lembong optimis Indonesia siap menghadapi pasar global karena ketersediaan pangan lokal

5 November 2015 14:43 WIB

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Perdagangan(Mendag) Thomas Lembong mengatakan bahwa Indonesia telah siap menghadapi pasar global. 

"Setelah beberapa bulan menjabat saya melakukan pantauan keliling, saya banyak mendapatkan cerita optimis dari masyarakat soal ketersediaan pangan lokal dan tingginya kreatifitas para UKM kita, maka dari pengalaman ini saya optimis bahwa Indonesia sudah siap dalam menghadapi pasar global," demikian kata Mendag Thomas Lembong, saat membuka acara Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri Nasional 2015, di Lapangan banteng, Jakarta, Kamis(5/11).

Lebih lanjut, Thomas menambahkan, hingga saat ini mayoritas perekonomian kita menyedot banyak lapangan kerja di sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM).


Ini Strategi Mendag Agar Produk Indonesia Laku di Pasar Global

"Maka yang menjadi tugas besar Kemendag pada saat ini adalah bagaimana membina, membantu dan mendukung dengan cara apapun juga, atas tingginya perkembangan UKM tanah air," papar Mendag. 

Ia juga optimis bahwa dengan banyaknya hasil pangan dan UKM di tanah air, pihaknya siap menghadapi pasar global. "Kita tidak perlu takut dan cemas dalam menghadapi pasar global, saat ini kita memiliki sumber kekayaan yang kuat dengan hasil produksi pangan yang juga berdaya saing," ujarnya.

Selanjutnya, Ia juga menyadari bahwa barang-barang yang saat ini mampu bersaing di pasar global adalah, barang-barang yang memiliki ciri khas dan keunikan.

"Barang yang memikiki ciri khas dan keunikan ini yang diminati pasar saat ini," ujarnya.

Wacana akan ikutnya Indonesia dalam zona pasar bebas tersebut terkuak setelah Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat (AS) pada 25-28 Oktober 2015 lalu. Pada saat kunjungan kerja tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan minat Indonesia untuk bergabung dalam perdagangan bebas Trans Pacific Partnership (TPP). Selain TPP, Indonesia juga akan ikut dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Sambut Harkonas 2019, Kemendag Gelar Donor Darah di Tujuh Daerah

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Tommy Ismaya