logo


Capai Ketahanan Pangan, Direktur Indofood: Perbanyak Riset Pertanian

Inovasi menjadi penting di tengah semakin rumitnya permasalahan pangan di tanah air

5 November 2015 13:50 WIB

Direktur Indofood, Franciscus Welirang. (Foto: franciscuswelirang.com)
Direktur Indofood, Franciscus Welirang. (Foto: franciscuswelirang.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Dalam acara simposium pangan bertajuk "Peningkatan Riset dan Pengembangan Inovasi di Sektor Pangan", di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis(5/11), Direktur Indofood, Franciscus Welirang mengungkapkan, untuk mencapai target ketahanan pangan nasional langkah inovasi yang berkelanjutan perlu ditingkatkan. "Langkah inovasi ini menjadi penting di tengah semakin rumitnya permasalahan pangan di tanah air, mulai dari masalah penyakit hama dan lain sebagainya," kata Franciscus.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa kemitraan riset dan pengembangan inovasi menjadi sangat penting dalam rangka mempercepat hilirisasi riset bidang pertanian ke masyarakat. Karena itu harapnya, kemitraan bisa memberi kontribusi yang besar demi terwujudnya ketahanan pangan nasional.

"Kalau kita kuat dalam berinovasi dengan pengembangan teknologi yang baik, kondisi iklim seperti apapun tidak akan menjadi kendala di dalam menyukseskan ketahanan pangan nasional," tegasnya.


Ganjar Pranowo Akan Coba Aplikasi Nelayan Pintar

Selain itu Franciscus juga menuturkan, Indonesia sebagai negara yang subur memiliki banyak potensi dalam upaya memajukan pertanian tanah air, salah satunya adalah dengan melakukan langkah riset. "Riset merupakan instrumen penting untuk menghasilkan berbagai inovasi. Jika riset bidang pangan di Indonesia semakin banyak, maka kita akan mampu mencapai kondisi ketahanan pangan yang mandiri dan berdaulat," pungkasnya.

Mahasiswa IPB Ciptakan Robot untuk Bantu Pekerjaan Petani

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro