logo


Tips Mengatasi Keriput di Area Sekitar Mata

Tips tersebut disampaikan oleh dr. Zulvia Syarif, seorang dokter kecantikan

4 November 2015 15:40 WIB

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pada area sekitar mata, kulit memang lebih cepat keriput, ini disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya karena sering terkena paparan sinar matahari, terlalu lelah bekerja di depan layar, hingga terlalu sering memakai make up yang berlebihan yang bertahan lama di kulit wajah. Bahkan menurut dr. Zulvia Syarif, dokter kecantikan, pemakaian make up yang berlebihan dan bahan–bahan kimia, menyebabkan kulit menjadi cepat keriput, karena pori-pori kulit tertutup make up dan menyebabkan kulit tidak dapat bernafas. Namun itu semua dapat dihindari dengan tidak memporsir mata dengan berlebihan. 

"Jika memang sering bekerja di depan layar komputer setiap harinya, maka harus ada jeda waktu agar mata tidak lelah, istirahatkan mata sejenak dari layar komputer, itu akan sangat berpengaruh. Kemudian bagi yang mempunyai mata minus atau yang memakai kaca mata, maka kaca mata harus digunakan, untuk menghindari mengerutkan mata terlalu sering," papar dr. Zulvia kepada jitunews, beberapa waktu lalu, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lanjut dr. Zulvia, yang paling berpengaruh terhadap keriput yaitu kurangnya porsi tidur. Karena saat tidur posisi tubuh berada pada posisi datar, dalam posisi datar ini tubuh tidak melawan arah gravitasi. Dan pada saat tubuh berada dalam posisi berdiri, tubuh akan melawan gravitas, efek ini juga menyebabkan kulit menjadi cepat keriput.


Bukan Akan Menangis atau Bahagia, Ini Penyebab Mata Kedutan

Selain itu, dr. Zulvia juga mengatakan, bagi yang kurang tidur dan lebih banyak bekerja akan menyebabkan kulit keriput timbul lebih cepat. Karena itu, sebaiknya jika sudah mulai timbul keriput perawatan seperti massage, facial atau totok harus rutin dilakukan. Lalu, lindungi kulit dengan menggunakan sunblock atau cream saat berada di bawah sinar matahari ataupun di luar ruangan.

"Hal yang paling penting dilakukan adalah menjaga pola hidup. Konsumsi makanan bergizi seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah-buahan. Sebaiknya minum air putih minimal 2 liter per 24 jam, hindari stress emosional, polusi udara,dan jangan lupa olahraga teratur agar peredaran darah dalam tubuh lancar," pungkasnya.

Hindari Kebiasaan Ini Agar Terhindar dari Infeksi Mata Saat Pakai Softlens

Halaman: 
Penulis : Suciati, Christophorus Aji Saputro