logo


Andalkan Batang, Menanam Tomat Jadi Lebih Mudah

Ini dia tahapan menanam tomat dengan batang

3 November 2015 16:17 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Setelah mengetahui 3 manfaat menanam tomat langsung dari batangnya, saat ini adalah waktu untuk mengetahui langkah atau cara menanamnya. Cara Budidaya tomat dari potongan batang ini merupakan cara yang sangat baik untuk mendapatkan kualitas tomat yang sama, atau identik dengan tanaman tomat induknya. Satu lagi yang tak kalah penting yakni cara ini memungkinkan kita untuk menanam di pot atau di pekarangan rumah lho. Berikut ini adalah langkah yang harus diterapkan.

1. Pilih induk tanaman tomat yang sehat dengan hasil panen yang baik, buahnya manis dan lebat. Carilah cabang tomat di pertengahan tanaman. Potonglah cabang tomat menggunakan gunting atau pisau yang tajam. Buang semua bunga atau kuncup bunga dan sisakan hanya 2 helai daun saja.

2. Celupkan batang tomat ke dalam gelas atau botol yang berisi air atau Anda dapat menanamnya langsung di dalam pot yang berisi media tanam. Buatlah lubang untuk memudahkan penancapan batang tomat. Jagalah kelembaban tanaman dan media tanam, serta simpanlah di tempat yang hangat tetapi tidak terkena cahaya matahari langsung selama proses penumbuhan akar tomat.


Raup Untung Hingga Rp 5 Juta dari Pepaya California

3. Bila menggunakan air sebagai media untuk menumbuhkan akar tomat, maka setelah akar-akar baru terbentuk yaitu sekitar seminggu, pindahkan tanaman tersebut dan tanamlah tomat di media tanam yang sesuai. Anda dapat menanam tomat dari potongan batang tersebut di dalam pot yang berisi media tanam atau di pekarangan rumah.

4. Bila Anda langsung menaman potongan batang tomat tersebut ke dalam tanah atau media tanam lainnya, maka setelah 2 minggu Anda dapat memindahkan ke pot yang lebih besar atau tidak dipindahkan juga tidak masalah, asalkan besar pot yang digunakan sesuai dan mendukung pertumbuhan tomat.

Nigeria Darurat Tomat, Ini Penyebab Utamanya

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Christophorus Aji Saputro