logo


Selain Jadi Tanaman Hias, Violet Pun Berkhasiat Herbal. Ini Langkah Menanamnya!

Khasiat bunga violet dapat menghentikan batuk darah dengan cara diminum atau dibalurkan

3 November 2015 09:55 WIB

Bunga violet. (google image)
Bunga violet. (google image)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Bunga violet, kaum hawa pasti mengenal sosok bunga hias kecil mirip anggrek dengan warna yang dominan ungu dan baunya harum ini. Dibalik sosoknya nan memesona, siapa sangka jika bunga yang bernama latin Viola odorata ini juga memiliki peran ganda, ia bisa dimakan dan memiliki khasiat sebagai tanaman obat.

Khasiat bunga violet dapat menghentikan batuk darah dengan cara diminum atau dibalurkan. Bagi yang menderita salesma, baik minum larutan bunga ini. Bahkan penyakit dalam (internist) akan mereda olehnya. Penggunaannya dapat dengan cara disuntiklan, dicampur dengan air untuk berendam, dimasak (digodok lalu diminum), dicincang (dibuat kuluban), atau dililitkan pada anggota badan yang sakit, dan juga dibalurkan.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba khasiat bunga violet ini, cara perawatannya gampang kok! Menurut laman wikihow.com, sekalinya Anda menanam bunga ini, ia bisa tumbuh sepanjang tahun. Namun, tentu Anda harus memberikannya pupuk dan pengairan yang baik.

Untuk menanam tanaman ini pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah memilih tanah. Usahakan tanah yang cukup sinar matahari namun tak akan membuat bunga nantinya kering atau tempat yang cocok dimana bayangan matahari akan menempa bunga violet. Jika Anda tinggal di tempat yang sejuk, bisa saja Anda tempatkan bunga violet di tempat yang tertempa matahari penuh.

Selain itu, pilihlah tanah dengan pH antara 6.0-7.5, jika kurang asam coba tambahkan jeruk pada tanah yang basa. Tambahkan pupuk kompos agar lebih subur. Jika Anda memulai menanam dengan tanaman violet yang kecil-kecil bagi-bagi per bunganya yang terdapat akar, langsung saja tanam dalam pot selama beberapa hari.

Jika menanam mulai biji, usahakan menanam saat cuaca lebih dingin dari biasa, lalu jika sudah tumbuh tunas lalukan pembagian seperti contoh sebelumnya. Setelah agak kuat, baru tanam di taman atau kebun.

Beri jarak sekitar 25-30 per bunganya, jika ingin lebih cantik beri pola penanaman yang sesuai dengan taman Anda dan berkreasilah! Jangan sampai bunga violet kekurangan cairan, sirami secara rutin agar tanah lembab dan tidak kering. Usahakan bunga terbebas dari rumput liar.

Selamat mencoba ya!


Ikuti Kaidah 4T + 1W dalam Mengonsumsi Obat Herbal

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Riana