logo


Ciptakan Kreasi Rasa Sesuai Selera Pasar Jadi Kunci Sukses Bisnis Cokelat

Cokelat yang manis dengan paduan makanan tradisional kini sedang booming

30 Oktober 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Usaha kudapan cokelat sedang booming. Asal mampu menghadirkan kreasi cokelat yang berbeda. Apalagi kudapan ini disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak,  kaum remaja, hingga para orangtua.

Bagi para pemula yang tertarik menggeluti usaha cokelat, hal pertama yang harus ditentukan adalah target pasar yang dituju, apakah untuk kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas. Dengan penentuan ini dapat pula ditentukan jenis cokelat yang akan dipergunakan, apakah jenis compound atau conventure. Selain itu, jenis perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, semua akan bermuara pada besarnya investasi yang dibutuhkan.

Menurut Kiki Gumelar, pemilik Chocodot (coklat-dodol), agar cokelat yang dibuat laku di pasaran, pelaku usaha harus menciptakan kreasi cokelat yang sesuai dengan selera pasar. Misalnya di Garut-Jawa Barat yang terkenal dengan Dodol Garut, maka cokelat dapat dikombinasikan dengan kudapan tersebut. Atau seperti di Batam yang memadukan cokelat dengan buah naga yang memang banyak dihasilkan di sekitar kawasan itu.

Dengan kata lain, saat ini citarasa cokelat yang manis dengan paduan makanan tradisional kini sedang booming. Karena itu, akan lebih baik jika pengusaha berani menhadirkan isian cokelat dengan inovasi-inovasi baru dan sesuai selera pasar. Sebut saja, cokelat isi kremes dan cokelat isi jamu. Biasanya, kreasi tersebut akan direspon pasar karena ada pembeda yang dihadirkan.

Selanjutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha ini antara lain kualitas produk, dan lokasi penjualan. Menjual cokelat tidak bisa di sembarang tempat, karena cokelat harus dipajang di ruang yang cukup dingin dan  terhindar dari sinar matahari. Dengan ruangan yang baik tentunya cokelat tidak cepat leleh, sehingga resiko kerugian akibat rusaknya cokelat dapat dihindari. Cokelat juga harus dikemas dengan kemasan baik sehingga menarik perhatian konsumen.

Bagi Anda yang akan memulai usaha sebaiknya pemasaran dilakukan dengan memanfaatkan akses internet sebagai media promosi. Tak hanya itu, uji coba resep pun harus terus dilakukan meski usaha telah berjalan. Dan, bagi Anda yang belum memiliki basic membuat cokelat sebaiknya terlebih dahulu memahami cara pembuatan cokelat dengan mengikuti cooking class khusus cokelat.

Mau Sukses Muda? Simak Tips Sukses dari Bos Bukalapak!

Halaman: 
Penulis : Hasballah