logo


BTN Yakin Program Sejuta Rumah Pemerintah Bakal Berjalan Mulus

Target program satu juta rumah yang diluncurkan pemerintah akan berhasil

27 Oktober 2015 00:00 WIB

Bank BTN.(dok.btn)
Bank BTN.(dok.btn)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, target program satu juta rumah yang diluncurkan pemerintah akan berhasil. Hal ini terlihat dari mulai menggeliatnya sektor swasta dan BUMN untuk terjun membantu menyediakan rumah. Salah satunya adalah kerjasama yang dilakukan BTN dengan BPJS Ketenagakerjaan yang sepakat untuk membangun perumahan bagi pekerja.

"Dengan adanya kerjasama ini, maka target-target yang ditetapkan pemerintah bisa dipercepat dan program sejuta rumah bisa kita gulirkan, bukan hanya tahun ini saja tapi setiap tahun bisa digulirkan," tuturnya di Menara Jamsostek, Jakarta pada Selasa (27/10).

Ia mengatakan, bahwa Ini merupakan momentum yang sangat baik, BTN saat ini sedang melakukan transformasi dengan melakukan pengembanan bisnis, baik di sisi bisnis konvensional maupun akan masuk ke bisnis non konvensional. Salah satunya dengan layanan untuk menyediakan rumah bagi pekerja yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

"Dalam hal ini, layanan kami itu akan kami gunakan dan peruntukan bagi tenaga kerja yang ikut di BPJS Ketenagakerjaan ini," lanjutnya.

Menurutnya dengan adanya PP no 55 tahun 2015 ini maka BPJS ketenagakerjaan dapat melakukan investasi sebesar 30% dari total nilai asetnya yang sebesar Rp 200 triliun. Sehingga bila BPJS Ketenagakerjaan menempatkan dana seluruhnya bisa mencapai Rp 40 trilun di BTN.

"Dasar penempatan dari dana BPJS Ketenagakerjaan itu kan PP no 55 kemudian besarannya itu tergantung dari kecepatan bagaimana kita bisa berikan KPR, tapi itu kalau kita lihat dasarnya bahwa (maksimal) investasinya bisa 30% artinya bisa Rp 40 trilin sampai Rp 50 triliun," pungkasnya.

Terlilit Utang untuk Biayai Proyek Infrastruktur Pemerintah, Sejumlah BUMN Dihantui Kebangkrutan

Halaman: 
Penulis : Andi Dwijayanto, Vicky Anggriawan