logo


Agar Warna Daun Anthurium Jenmani Cobra Tak Pudar, Ini Tips Merawat yang Benar

Anthurium Jenmani Cobra menyenangi tempat yang memiliki sirkulasi udara maupun cahaya yang baik

27 Oktober 2015 00:00 WIB

Anthurium Jenmani Cobra. (Foto: Istimewa)
Anthurium Jenmani Cobra. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Keindahan tanaman hias Anthurium Jenmani Cobra terletak pada bagian daunnya. Dan hal inilah yang wajib menjadi perhatian khusus bagi pemiliki tanaman ini agar tampilannya selalu prima. Berbeda dengan cara merawat tanaman hias lain, pemilik anthurium jenis ini haruslah memiliki pengalaman dalam perawatan.

Kalau hanya sekedar merawat dengan cara disiram atau di beri pupuk saja, sudah dapat dipastikan kalau nantinya Anthurium Jenmani Cobra Anda lambat laun daunnya yang semula berwarna hijau, lama kelamaan bakal berubah warna menjadi kekuningan dan permukaan daunnya yang semula lurus menjadi keriting.

Memang, sebelum Anda membeli si Raja daun asal Brazil ini Anda memerlukan pembekalan yang matang guna mengetahui pengetahuan tentang tata cara perawatan, intensitas penyiraman, hingga pemupukannya. Menurut Fara, owner nursery Farrah Terrace yang menjual khusus tanaman Anthurium, sebagian orang pada awalnya hanya tertarik dengan keindahan tanaman ini, namun belum memiliki pengalaman untuk merawat anthurium daun di rumahnya.

Padahal menurutnya, perawatan tanaman anthurium daun tidaklah sesulit yang dibayangkan. Cukup mengetahui karakteristik dari si tanaman. Anthurium daun, khususnya Jenmani Cobra menyenangi tempat yang memiliki sirkulasi udara maupun cahaya yang baik.

“Faktor lingkungan berperan penting, idealnya untuk sistem pencahayaan sekitar 60%, dan kelembaban udara memiliki temperature 200 sampai 270C°,” papar Fara.

Ia pun memberi saran, untuk sesekali menjemur tanaman anthurium daun ini dihalaman rumah pada waktu jam 08.00 hingga 10.00 Wib. Menurutnya, waktu tersebut sangat ideal, karena matahari belum terlalu terik.

“Kalau kita tidak tahu betul cara merawatnya, alhasil tanaman anthuriumnya akan cepat layu dan rusak. Sayang dong, karena harganya juga tidak bisa dikatakan murah. Maka harus dijaga dengan benar.” pungkas Fara.

Cara Menanam Tanaman Kacapiring Agar Tumbuh Maksimal

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah