logo


Agar Tumbuh Menarik, Ini Faktor Penting yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Anthurium

Jangan menggunakan tanah karena hal ini bisa mengakibatkan akarnya sulit berkembang

27 Oktober 2015 00:00 WIB

Anthurium (istimewa)
Anthurium (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Bagi penggemar tanaman hias Anthurium pasti sudah banyak yang tahu kalau tanaman hias ini terbagi menjadi dua jenis, yakni anthurium daun dan anthurium bunga.

Bagi sebagian orang yang masih awam mungkin ada yang masih bingung tentang cara merawat kedua jenis ini. Menurut Fara, pemilik Ferra Terrace, sebenarnya tidalah jauh berbeda dalam hal merawat kedua jenis anthurium ini. Contohnya dalam hal media tanam. Diterangkan oleh Fara, media tanaman merupakan faktor terpenting untuk pertumbuhan akar.

“Untuk media tanamnya, jangan menggunakan tanah karena tidak bisa mengikat akar dan hal ini bisa mengakibatkan akarnya sulit berkembang," ujar Fara kepada JITUNEWS saat dijumpai di outletnya di bilangan Jakarta Selatan.

Ia pun memberi saran agar media tanam yang digunakan merupakan bahan organik berupapupuk kandang, kompos, humus, cacahan batang pakis, serutan kayu, dan arang.

Lebih lanjut ia pun memaparkan, ciri akar yang sehat berdampak pula terhadap penampilan tanaman anthurium. Sinergi antara media tanam dengan potnya juga haruslah pas, agar terjadi sirkulasi udara yang bagus. Hal ini menurutnya lagi berfungsi untuk menghindari jamur yang bisa menyerang permukaan akar.

Selain itu, agar anthurium tetap memiliki warna daun yang indah, sebaiknya ditempatkan di teras rumah, tanpa terkena paparan sinar matahari langsung.

“Kalau dibiarkan terus menerus terkena sinar matahari, maka permukaan daunnya akan menguning, hal ini justru akan menurunkan daya tarik si anthurium,” pungkasnya.

Tambahnya lagi, tanaman anthurium tidak memerlukan penyiraman dengan intensitas sering.

“Bisa cukup dilakukan dua kali sehari kalau cuaca sedang terik, namun kalau suhu udara tidak terlalu panas atau sedang musim penghujan  sebaiknya di siram sekali," tutup Fara mengakhir perbincangan.


Indah dan Segar jika Tanam Bunga Ini!!

Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah