logo


Melirik Praktisnya Bisnis Sayuran Potong, 15 Minutes Cooking

Wita Purbaningsih selaku owner mengaku bisa meraup omset per bulan sekitar Rp 60.000.000

26 Oktober 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM – Bagi sebagian besar wanita yang memiliki peran ganda sebagai wanita karir sekaligus ibu rumah tangga, tentu dituntut untuk menjalankan dua peran tersebut secara seimbang. Maka tak heran, setiap hari sebelum bergegas pergi bekerja, biasanya para wanita perkasa ini harus terlebih dahulu menyiapkan keperluan keluarga, mulai dari membuat sarapan pagi, hingga menyiapkan seragam sekolah untuk anak.

Siklus ini biasanya dijalani setiap hari, hingga membuat kaum ibu ini kewalahan. Hal inilah yang dahulu sempat dirasakan oleh Wita Purbaningsih,  seorang mantan pekerja sekaligus menjabat sebagai ibu rumah tangga. Ia tahu betul seperti apa beratnya mengemban kedua tanggung jawab tersebut.

Sebelum pergi kekantor, biasanya ia harus mengolah sejumlah menu makanan untuk disajikan. Rutinitasnya yang padat memaksanya untuk bisa memutar otak, agar setiap harinya ia tidak kerepotan dalam mengolah makanan. Maka terbersitlah ide di kepalanya, untuk menstok sejumlah bahan baku yang telah dibelinya saat weekend, kemudian bahan baku tersebut di cuci terlebih dahulu, baru setelah itu dipotong-potong agar bisa disimpan ke dalam lemari pendingin. Selanjutnya ia pun melanjutkan kembali ceritanya, bahwa cara tersebut sangat ampuh membantunya dalam menyiapkan menu masakan.

"Setiap pagi saya tinggal mengambil bahan yang akan dimasak, terus tidak usah merasakan repot lagi karena tinggal cemplang-cemplung saja, maka jadi deh masakan sehatnya," tuturnya kepada JITUNEWS, Senin (26/10).

Cukup lama hal ini ia lakukan, hingga akhirnya perempuan kelahiran 15 Februari 1976 ini pun memutuskan untuk banting stir menjalankan usaha sayuran potong dengan bendera dagang yang ia beri nama 15 minutes cooking. Usahanya ini resmi dibangunnya pada tanggal 23 Juni 2014 silam. Selain keluarga, untuk memulai pemasarannya ia mencoba menawarkan ke beberapa teman dan tetangganya.

Rasa syukur pun begitu ia panjatkan karena respon yang diterimanya sangat positif. Sehingga ia pun memberanikan diri untuk memperkenalkan produk usahanya lebih luas dengan cara membuat fan page di salah satu akun sosial media. Menurutnya, pemasaran melalui media online merupakan strategi marketing yang paling jitu untuk mengenalkan produknya lebih luas lagi ke khalayak.

"Biasanya saya memasarkannya via media online terutama Facebook dan kepada teman-teman via path atau instagram,"ujar wanita yang berdomisili dikawasan Kramat Jati, Jakarta Timur ini.

Dengan berbekal modal awal sekitar Rp 500.000, dan peralatan sederhana berupa satu buah pisau dan talenan untuk memotong sayuran serta kemasan, kini usahanya tergolong berkembang pesat. Terbukti setiap harinya, ia harus mengemas sayuran potong siap saji sekitar 150 hingga 200 kantong. Stok ini pun berlaku dihari libur, malahan stok yang ia buat terkadang harus berlebih karena ada saja pemesan baru yang ingin membelinya.

Untuk varian menunya, 15 minutes cooking menghadirkan sekitar 400 pilihan menu yang ditawarkan. Seperti sop, kuah santan, steak and grill, dan masih banyak yang lainnya. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 375.000. Menurutnya, harga tersebut tergantung dari varian dan bahan baku yang digunakan. Dengan usahanya ini, ia pun mampu meraup omset per bulan sekitar Rp 60.000.000. Namun menurutnya, pendapatannya yang diperoleh belum bisa membuatnya balik modal untuk sekarang ini, karena beberapa waktu lalu ia sempat melakukan investasi kembali dari modal awal.

Lebih lanjut, untuk mengukuhkan produknya dipasaran, Wita mengklaim bahwa produk yang diusungnya terbilang sangat membantu para ibu rumah tangga yang memiliki kesibukan dalam bekerja tetapi tetap ingin menyajikan masakan sehat dalam waktu singkat untuk keluarga tercinta mereka.

"Produk kami yang pasti sangat praktis dalam pengolahannya karena semua bahan termasuk bumbu sudah disiapkan (instant), tidak perlu apa-apa lagi selain menghidupkan kompor dan memasaknya. Produk kami juga tanpa MSG dan bahan pengawet, begitu pula saat proses pengirimannya ke konsumen, karena ada kurir khusus yang mengantarkannya dan dibekali dengan cooler box serta ice box," terangnya berpromosi panjang lebar.

Selain itu, untuk melebarkan bisnisnya, Wita pun menyambut tangan terbuka untuk para reseller yang ingin bergabung, asalkan memiliki visi dan misi yang sama, yakni menyediakan produk dengan kualitas terbaik dan bersedia melayani konsumen sepenuh hati. Ia pun mengungkapkan reseller yang telah bergabung dengannya tersebar dibeberapa wilayah seperti Jakarta dan Bekasi.

Kedepannya, ia pun memiliki angan usaha yang dibangunnya ini bisa berkembang dan bisa membuka banyak cabang, tidak hanya di Jakarta namun bisa merambah hingga kesegala penjuru kota.

Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Menghubungi:
15 Minutes Cooking (Wita Purbaningsih)
Telepon : 0817-498-4982
Sosial Media : Fanpage FB 15minutescooking
Line : 15MinutesCooking,
Instagram : @15minutescooking_ind


Aneh dan Nyata, Inilah 3 Bisnis Tanpa Mengenakan Busana

5 Bisnis Ini Menjanjikan Banget Buat Mahasiswa, No 2 Udah Terbukti Sukses!

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah