logo


Menyulap Ampas Tahu Menjadi Tortilla

Tortila merupakan makanan ringan berbentuk keripik dari bahan yang mengandung pati

25 Oktober 2015 12:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tortilla merupakan makanan ringan berbentuk keripik dengan bahan baku jagung. Tak ada pakem yang jelas bahwa, tortilla harus berbahan dasar jagung, karena sebenarnya tortilla dapat dibuat dari berbagai bahan, terutama yang mengandung pati atau bahan tidak berpati dengan penambahan tepung pati.

Karena memenuhi kriteria tersebut, maka ampas tahu bisa menjadi pilihan dalam membuat tortilla. Bahkan, Anda bisa juga menambahkan susu untuk mendapatkan nilai gizi.

Seperti yang sudah berlangsung selama ini, pemanfaatan ampas tahu sampai saat ini belum maksimal. Ampas tahu kebanyakan digunakan untuk tambahan pakan ternak. Padahal, kandungan protein dalam ampas tahu terbilang cukup tinggi. Nah, berikut ini adalah cara mengolah ampas tahu menjadi tortilla

Bahan baku:

- Jagung 0,7 kg
- Ampas tahu 0,3 kg
- Garam dapur 12,5 gram
- Bawang Putih 20 gram
- Penyedap, air dan minyak goreng secukupnya.

Cara pembuatan:

- Jagung yang telah direndam dalam larutan kapur kemudian digiling.
- Ampas tahu dikukus. Jika menggunakan ampas tahu segar sebaiknya dipres (ditekan) terlebih dahulu sedangkan jika menggunakan tepung ampas tahu, lakukan penambahan air dengan jumlah sesuai berat ampas atau sampai basah.
- Campur ampas tahu, bumbu, dan jagung giling (dapat juga dari jagung yang belum digiling) lakukan penggilingan agar adonan tercampur rata.
- Lakukan pemipihan adonan dengan mesin pembuat pasta sampai ketebalan 1-2 mm.
- Lakukan pemotongan dengan ukuran yang seragam.
- Keringkan pada oven pengering.
- Lakukan pengemasan atau penggorengan.

Tips Menanam Pepaya California

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Tommy Ismaya