logo


Solusi Jitu Atasi Puting Lecet atau Luka Saat Menyusui

Kebanyakan puting nyeri atau lecet disebabkan karena kesalahan dalam teknik menyusui

25 Oktober 2015 00:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kondisi puting susu yang lecet bisa menyebabkan terganggunya pemberian susu kepada bayi, karena puting yang lecet atau luka membuat ibu merasa kesakitan saat menyusui. Tak hanya itu saja, puting lecet atau luka juga bisa mendatangkan infeksi pada payudara karena masuknya kuman lewat mulut atau hidung bayi. Kondisi ini tentu akan menyebabkan masalah lain seperti bengkak dan terasa sangat nyeri. Jika ini terjadi, tentu ibu akan kesulitan menyusui bayi. Untuk itu, puting luka atau lecet tidak bisa diremehkan sebelah mata.

Kebanyakan puting nyeri atau lecet disebabkan karena kesalahan dalam teknik menyusui, yaitu bayo tidak menghisap puting sampai ke areola payudara. Bila bayi menyusu hanya pada puting, bayi akan mendapat ASI sedikit karena gusi bayi tidak menekan pada daerah sinus laktiferus. Hal ini dapat menyebabkan nyeri atau lecet pada puting ibu.

Puting lecet juga bisa disebabkan oleh moniliasis pada mulut bayi yang menular pada puting susu ibu, pemakaian sabun, alkohol, krim, atau zat iritan lainnya untuk mencuci puting susu. Keadaan ini juga bisa dapat terjadi pada bayi dengan tali lidah yang pendek, sehingga bayi sulit menghisap sampai areola payudara dan hisapan hanya pada putingnya. Rasa nyeri ini juga dapat timbul apabila ibu menghentikan proses menyusui dengan kurang hati-hati.

Untuk mengatasi hal ini, maka mulailah membiasakan diri untuk menjaga kebersihan daerah puting payudara sebelum dan sesudah menyusui. Sedapat mungkin hindari membersihkan puting susu dengan sabun, alkohol, krim, atau zat iritan lainnya. Ibu cukup membersihkannya dengan air hangat. Selain itu, mulailah menyusui dari payudara yang tidak sakit karena isapan pertama bayi yang lapar akan kuat.

Cara Mengatasi Bekas Luka Akibat Darah Manis

Halaman: 
Penulis : Hasballah