logo


5 Negara Dengan Cadangan Emas Terbanyak di Asia

27 Maret 2014 13:33 WIB


INGGRIS, JITUNEWS.COM - Sejumlah negara-negara di Asia ternyata mampu mengoleksi emas sebagai cadangan negaranya dalam jumlah yang sangat besar. Hal ini terbukti dengan laporan yang dikeluarkan World Gold Council, Rabu (26/03) lalu, yang menempatkan 5 negara di Asia pada posisi teratas sebagai negara penimbun emas terbanyak di Asia.

Dalam laporan tersebut dikatakan, bahwa Cina berhasil menempati posisi tertinggi sebagai negara pemilik cadangan emas terbanyak di Asia, yakni dengan jumlah cadangan emasnya mencapai 1.054,1 ton dan presentase jumlah emas dari cadangan devisa negara sekitar 1,1 persen.

Hal ini tidak mengherankan, di antara negara-negara pemilik emas terbanyak di dunia, Negeri Tirai Bambu berhasil menempati urutan ke-6. Posisi ini dikalahkan negara adikuasa Amerika Serikat (AS).

Tidak hanya Cina, beberapa negara Asia lainnya juga mampu menyimpan emas dalam jumlah yang besar. Misalny Je pang, tercatat menimbun sebanyak 765,2 ton emas hingga Maret 2014.
 
Data cadangan emas setiap negara ini selalu diperbarui secara berkala setiap kuartal oleh World Gold Council. Dari data-data ini akhirnya dikompilasi ke data statistik Internasional Financial Statistic (IFS), dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Hasilnya, berikut 10 negara penimbun emas terbanyak di Asia. Pertama, Cina dengan jumlah cadangan emas sekitar 1.054,1 ton, dan disusul Jepang yang cadangan devisa negaranya 2,4 persen dengan jumlah cadangan emasnya mencapai 765,2 ton.

Ketiga, India, negara ini mempunyai cadangan emas sekitar 557,7 ton dan presentase jumlah emas dari cadangan devisa negaranya mencapai 7,6 persen. Disusul di urutan keempat, Taiwan, dengan jumlah cadangan emas sekitar 423,6 ton dengan persentase jumlah emas dari cadangan devisa negara 4,1 persen.

Di tempat kelima, ada negara Libanon, dengan jumlah cadangan emasnya mencapai 286,8 ton dan persentase jumlah emas dari cadangan devisa negara hingga 23,9 persen.

Malaysia Airlines Hilang Di Samudera Hindia

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya, Tommy Ismaya