logo


Kemarau, DPRD Jatim Paksa Pemprov Penuhi Air Bersih di Daerah

Kemarau membuat daerah-daerah di Jatim krisis air bersih

23 Oktober 2015 11:29 WIB

Anggota Komisi E DPRD Jatim, Mohammad Eksan. (Jitunews/Tri Wahyudi)
Anggota Komisi E DPRD Jatim, Mohammad Eksan. (Jitunews/Tri Wahyudi)

SURABAYA, JITUNEWS.COM- Komisi E DPRD Jawa Timur (Jatim) meminta Pemprov Jatim untuk rutin menyuplai kebutuhan air bersih di beberapa daerah di Jatim. Pasalnya, kemarau panjang yang terjadi saat ini, membuat beberapa daerah krisis air bersih. "Untuk jangka pendek, sebisa mungkin suplai air bersih secukupnya ke daerah-daerah kekeringan," ungkap Anggota Komisi E DPRD Jatim, Mohammad Eksan, Jumat (23/10), saat ditemui di kantornya.

Selain itu, politisi asal Partai NasDem ini, juga mengatakan bahwa kekeringan membuat kondisi ekonomi masyarakat semakin terpuruk. "Masyarakat bawah harus rela membeli air demi mendapatkan air bersih. Pemprov harus peka soal ini. Masyarakat bisa tambah miskin jika ini tidak teratasi," jelasnya.

Selama ini, lanjut Eksan, pemenuhan kebutuhan air merupakan indeks tolak ukur kemiskinan di Jatim. "Semakin sulit mengakses air bersih, maka semakin miskin daerah tersebut," tegasnya.

Karena itu seharusnya, menurut Eksan, Pemprov jatim membuat program jangka panjang, dengan melakukan pengadaan air bersih di segala kondisi. Entah itu saat kemarau ataupun musim penghujan. Jika dikelola secara profesional, kawasan Jatim tidak akan mengalami kekeringan. " Harus dikelola dengan profesional. Negara dalam hal ini pemerintah, harus hadir untuk menghidupi masyarakat," pungkasnya. (Tri Wahyudi)


Mendag: Tidak Ada Alasan Harga Pangan Naik!



 

 

Tiga Pilar Utama Pemerintah Sukseskan Upaya Perang Melawan IUU Fishing

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro
 
×
×