logo


Ini yang Terjadi Pada Tubuh Anda Usai Konsumsi Gula

faktor yang paling berbahaya saat mengkonsumsi gula adalah saat Anda meremehkan efeknya

23 Oktober 2015 11:00 WIB

Ilustrasi. (Foto: Google image)
Ilustrasi. (Foto: Google image)

JITUNEWS.COM - Janganlah Anda meremehkan faktor yang paling berbahaya bagi tubuh usai mengkonsumsi gula. Gula di sini diasumsikan seperti permen, cokelat, dan minuman manis dalam botol. Apalagi, saat Anda menikmati sajian gula dalam pesta-pesta ulang tahun, yang tidak dapat Anda kontrol.

Memang, efek dari gula mungkin tidak secara langsung, namun situasi di dalam tubuh Anda jauh lebih kacau. Berikut adalah tahapan yang terjadi pada tubuh Anda usai menyantap gula dalam waktu sejam seperti dilansir independent.

0-15 menit

Gula dan bakteri di mulut akan bercampur secara bersama untuk membentuk asam yang akan merusak enamel gigi Anda.

15 - 30 menit

Gula itu akan melewati lambung dan mencapai usus kecil. Di sini, mereka dipecah dan diserap ke dalam aliran darah. Pankreas kemudian melepaskan insulin untuk mencoba dan mengatasi masuknya gula, dan mengkonversi apa yang bisa menjadi energi.

Ini kemudian dikirim ke sel-sel otot di seluruh tubuh. Tetapi jumlah gula dalam darah tidak besar, karena beberapa dari itu harus dikirim ke hati dan disimpan sebagai lemak.

Sementara itu, tubuh akan menafsirkan kenaikan secara signifikan kadar gula dan energi sebagai akibat dari stres, dan melepaskan kortisol serta epinefrin.

Hormon-hormon inilah yang akan menyebabkan denyut jantung menjadi meningkat, yang pada gilirannya tekanan darah juga ikut meningkat, dan ini menyebabkan Anda berkeringat.

30 - 45 menit

Gula dalam darah akan meninggi. Ini disebabkan oleh pelepasan dopamin dalam otak. Selanjutnya, Anda telah dikuasai oleh gula, yang disebabkan oleh hormon insulin. Kelesuan dan bahkan Anda menjadi cepat marah. 

Disini, hormon stres mencoba untuk menstabilkan kadar gula darah Anda. Di suatu tempat dalam proses ini, gula berkembang di perut dan usus. Ini yang kerap membuat Anda merasa sakit, ketidaknyamanan dan perut kembung.

Melampaui 45 menit

Naik dan turun kadar hormon memiliki efek merugikan yang tak terelakkan pada sistem kekebalan tubuh.

Hanya saja ini semua tergantung pada berapa banyak gula yang Anda makan, dan metabolisme dalam tubuh Anda sendiri. Namun dalam beberapa kasus, sistem kekebalan tubuh dapat dihambat hingga lima jam setelah makan gula. Akan tetapi, faktor yang paling berbahaya saat mengkonsumsi gula adalah saat Anda meremehkan efeknya.

|ty|independent|

Yuk Cek! Ini Tanda-tanda Tubuh Kamu Keracunan Gula

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya