logo


Tinggalkan Obat Batuk Kimia, Racik Jahe Saja!

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang mampu menyembuhkan sakit tenggorokan hingga batuk

22 Oktober 2015 15:15 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM – Rimpang jahe ternyata ampuh menyembuhkan alergi, batuk, demam, sakit tenggorokan, asma dan bahkan bronkitis. Karena itu, mulai sekarang coba deh tinggalkan sirup obat batuk yang Anda beli di apotek, lalu gunakan ramuan jahe alami yang bisa Anda racik rumah.

Kok bisa jahe ampuh obati penyakit batuk? Tentu saja bisa, dikutip dari thehealthsite, jahe memiliki sifat anti inflamasi yang mampu menyembuhkan sakit tenggorokan hingga batuk. Karena itu, segenggam jahe mempunyai sifat antihistamin yang berperan untuk mengurangi kadar histamin, yaitu senyawa yang dirangsang dalam kasus alergi, sehingga menyebabkan asma dan bronkitis.

Ramuan jahe juga dikenal untuk merangsang sekresi lendir yang menghambat kontraksi saluran napas yang umum dialami penderita batuk.

Cara membuat ramuan obat ini sangat mudah, Anda hanya perlu meracik teh jahe dengan secangkir air mendidih, lalu tambahkan setengah sendok teh jahe potongan cincang halus atau jahe parut dan sejumput daun teh kering. Setelah warna teh sudah merah, saring dan minum selagi hangat.

Selain teh jahe, bagi Anda yang menderita sakit tenggorokan, minumlah satu sendok makan sari jahe dan madu di pagi hari. Kemudian, jika tiba-tiba Anda mengalami batuk rejan atau asma, minumlah ramuan hangat yang terbuat dari satu sendok teh sari jahe segar, ditambah dengan rebusan daun fenugreek dan madu.

Anda bisa minum ramuan jahe sebanyak tiga kali sehari sampai batuknya reda. Kemudian, jangan lupa hindari makanan berminyak dan minum air es yang justru memperparah sakitnya.

Selamat mencoba ya!

Ingin Cegah Penuaan Dini, Rambutan Solusinya

Halaman: 
Penulis : Riana