logo


Tahun Depan, Hari Santri Akan Diperingati Secara Meriah

Rencananya perayaan hari santri nasional untuk tahun 2016 nanti akan digelontorkan dana dari APBD

21 Oktober 2015 00:00 WIB


SURABAYA, JITUNEWS.COM - Rencana Presiden Jokowi menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri nasional didukung penuh pihak DPRD Jatim. Bahkan rencananya perayaan hari santri nasional untuk tahun 2016 nanti akan digelontorkan dana dari APBD 2016.

Menurut Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar saat ditemui dikantornya, Rabu (21/10), tekad Jatim untuk memberikan dukungan anggaran untuk peringatan hari santri nasional tentunya harus diikuti propinsi lainnya.

"Ini sudah ditetapkan secara nasional," jelasnya.

Dikatakan politisi asal PKB ini, penentuan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional adalah mengambil sejarah resolusi jihad yang dimunculkan di Surabaya.

"Resolusi Jihad merupakan pemicu munculnya pertempuran 10 november 1945 di Surabaya yang dalam pertempuran tersebut banyak santri berjuang melawan sekutu untuk mempertahankan Indonesia," terangnya. Tak hanya itu para santri-santri di bawah pimpinan Rais Akbar PB NU KH. Hasyim Asyari di Tebu Ireng Jombang juga menjadi dasar penentuan hari santri.

"Inilah yang mendorong santri bergerak dan lahirlah resolusi jihad," jelasnya.

Sekedar diketahui, rencananya besok, Kamis, 22 Oktober, Presiden Jokowi akan menetapkan hari santri nasional yang rencananya akan di pusatkan di masjid Istiqlal Jakarta.

(Ari Setiawan)

Masalah Jiwasraya dan Asabri, Johnny: Presiden Memberikan Tekanan

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan