logo


Slamet Soebjakto: DPJB Akan Bangun Hatchery Rajungan Skala Rakyat

DPJB melakukan langkah restocking rajungan di beberapa lokasi seperti di perairan Takalar dan Demak

20 Oktober 2015 18:00 WIB

Dirjen Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan,  Slamet Soebjakto. (Dok. Gatra)
Dirjen Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto. (Dok. Gatra)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dalam rangka memperingati satu tahun usia kabinet kerja yang dikomandani duet Joko Widodo-Jusuf Kalla, beragam instansi memberikan laporan mengenai kinerjanya masing-masing. Direktorat Jendral Perikanan Budidaya (DPJB) yang bernaung dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI juga turut melaporkan kegiatan yang telah mereka lakukan selama 365 hari ini.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, mengungkapkan bahwa pilar utama yang menopang kinerja DPJB adalah kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan. Dalam poin kedaulatan, Slamet memaparkan total nilai bantuan untuk pengembangan perikanan Budidaya di wilayah perbatasan yang mencapai angka 22,98 milyar rupiah.

"Kabupaten terluar dan berada di perbatasan yang mendapatkan bantuan untuk Budidaya laut keramba jaring apung dan kerang pada tahun 2015 adalah Kab. Simelue, Kab. Saumlaki, Kab. Sangihe, Kab. Natuna, Kab. Talaud. Sementara Kab. Merauke mendapatkan bantuan untuk Budidaya ikan Nila," ujar Slamet.

Sementara dalam poin keberlanjutan, Slamet menyatakan bahwa untuk mendukung keberlanjutan usaha dan lingkungan Budidaya perikanan, DPJB mendukung penerapan Permen KP No 1/ 2015 tentang pelarangan penangkapan lobster, kepiting, dan rajungan. Dalam hal ini DPJB melakukan langkah restocking rajungan di beberapa lokasi seperti di perairan Takalar dan Demak.

"Bekerjasama dengan Asosiasi Pengelola Rajungan Indonesia (APRI), DPJB akan membangun hatchery rajungan skala rakyat, agar masyarakat nelayan dan pesisir bisa melakukan penebaran secara mandiri ke depannya," tuturnya.

KKP Pastikan Kebijakan Program Prioritas Perikanan Budidaya Sejalan dengan Arah Pembangunan 2020

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana