logo


Mengunjungi Taman Laut 17 Pulau Riung yang Memesona

Pulau ini memiliki salah satu taman laut terbaik

20 Oktober 2015 13:08 WIB


NTT, JITUNEWS.COM - Biasanya, saat menginjak Nusatenggara Timur (NTT), Pulau Komodo dan Danau Kelimutu merupakam atraksi wisata yang paling dikenal. Tak banyak mengenal Taman Laut 17 Pulau Riung. Padahal, Keindahannya tak kalah dengan dua tempat wisata tersohor di provinsi ini.

Jika Anda ingin menikmati keindahan laut ini, waktu yang harus dikorbankan cukup besar. Anda harus menempuh rute perjalanan menuju Riung dengan jarak 72 km dari Banjawa dan memakan waktu sekitar 4 jam. Sementara itu, bila melalui Flores sekitar 2 jam dan dari Ende hingga 3 sampai 4 jam.

Pulau Riung adalah gugusan pulau-pulau besar dan kecil. Pulau ini memiliki salah satu taman laut terbaik. Sayangnya, wisatawan asing lebih banyak yang berkunjung ke sini. Angka 17 sengaja digunakan agar mudah diingat karena sama dengan Hari Kemerdekaan RI.

Kawasan ini luar biasa memeosa baik keindahan bawah lautnya hingga hamparan pasir putihnya yang terjaga kebersihannya. Kegiatan berenang, snorkling, hingga memotret bawah laut dan menyelam akan sangat mengasyikan.

Kawasan darat pulau merupakan hutan kering seluruh pesisir pantainya ditumbuhi pohon bakau. Dermaga pulau juga kerap menjadi pelabuhan bagi belasan perahu nelayan Bajo.

Di situ terhampar beberapa pulau yang menarik untuk dikunjungi. Pulau Batang Kolong, misalnya. Saat menyelam di sini, Anda bisa melihat mawar laur yang memerah dan bernyala indah di dalam laur. Ada juga pulau Meja atau Tembaga yang menjadi habitat bagi acropora dan doft coral, serta kipas laut raksasa yang cantik. Pulau ini memiliki pasir putih yang menguning dengan pesona yang luar biasa.

Masih belum puas? Ada Pulau Tiga atau Bampa Timur. Laut di sini bergradasi bari yang cantik. Lalu, ada Pulau Rutong, Sui, Wire, Ontoloe, Lainjawa, Wongkoroe, Toro Padang, dan pulau lainnya yang siap dijelajahi. (berbagai sumber)

Chateau de Marqueyssac, Taman Indah Nan Romantis Seperti Editan Photoshop

Halaman: 
Penulis : Hasballah