logo


Pertamina Tengah Bidik Partner Bisnis Pengembangan Kilang

Pengembangan kilang yang dimaksudkan meliputi dua program yaitu, meningkatkan kualitas (upgrade) dan membangun

20 Oktober 2015 11:19 WIB

Direktur Utama Pertamina Dwi Sutjipto. (Dok. Jitunews)
Direktur Utama Pertamina Dwi Sutjipto. (Dok. Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT. Pertamina (Persero) mengakui tengah mencari partner yang cocok untuk berinvestasi guna pengembangan kilang-kilang yang dimilikinya.

Direktur Utama Pertamina Dwi Sutjipto mengatakan, pengembangan kilang yang dimaksudkan meliputi dua program yaitu, meningkatkan kualitas (upgrade) dan membangun kilang baru.

"Pengembangan kilang ada dua program, yakni upgrade dan new kilang. Yang prioritas kita lagi cari partnernya agar bisa pikul investasi," ungkap Dwi dalam rapat di Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/10).

Menurutnya, untuk meng-upgrade kilang yang ada di Balikpapan saja, Pertamina membutuhkan dana sekitar US$ 5 miliar. Saat ini pengembangan kilang sedang dalam progress.

"Itu (kilang Balikpapan) sudah sepakat, semua mitra punya dua keinginan, bagaiman aspek join venture dan penguasaan market, jadi prosesnya lama, sama-sama sedang kita pahami. market sudah fix kalau yang Balikpapan lagi on progress," ungkap Dwi.

Disisi lain, Dwi mengatakan, Pertamina sudah memutuskan untuk bekerjasama dengan Saudi Aramco dalam membangun kilang baru di Tuban dengan besar investasi Rp 16 miliar.

"Saudi Aramco, bangun kilang baru di Tuban Rp16 miliar, sampai Januari sudah terseleksi partner yang kita harapkan, semoga bisa dilanjutkan, ini kan program pemerintah," pungkas dia.

Perusahaan Ini 'Ngebet' Dekati Pertamina! Ada Apa?

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Tommy Ismaya