logo


Ini Dia 2 Wisata Air yang Wajib Dikunjungi Saat Ke Wonogiri

Mulai dari Waduk Gajah Mungkur sampai Pantai Sembrukan

20 Oktober 2015 11:17 WIB

Waduk Gajah Mungkur. (Foto: Tilulas.com)
Waduk Gajah Mungkur. (Foto: Tilulas.com)

WONOGIRI, JITUNEWS.COM - Berekreasi murah meriah bersama keluarga pastinya sangat menyenangkan. Dan hal tersebut dapat Anda dapatkan jika berkunjung ke Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri. Waduk Gajah Mungkur adalah salah satu objek wisata unggulan dari kabupaten Wonogiri. Perairan buatan ini sengaja dibuat untuk membendung sungai Bengawan Solo.

Untuk menuju ke sana Anda akan melewati jalan Wonogiri – Praci yang dikelilingi dengan perkebunan dan perbukitan yang indah. Waduk Gajah Mungkur memiliki panorama alam yang asri, indah dan sejuk sehingga sangat tepat sebagai tempat pelepas penat dan berlibur bagi keluarga.

Waduk Gajah Mungkur memiliki beragam fasilitas rekreasi seperti kapal boat, area memancing, arena layang gantung (gantole), taman satwa, dan sepeda air. Untuk menuju Waduk Gajah Mungkur, Anda perlu menempuh jarak sekitar 3,5 km kearah selatan kota Wonogiri, Waduk ini berada di sebelah kiri jalan. Untuk masuk kedalam Waduk Gajah Mungkur ini dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 per orang.

Selain Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri juga  memiliki kawasan wisata lain seperti Pantai Sembrukan. Konon pantai ini merupakan pintu gerbang ke 13 kerajaan ratu kidul. Setiap menjelang pergantian tahun, pantai ini digunakan untuk ritual upacara labuhan ageng. Upacara Labuhan Ageng adalah upacara untuk melabuh atau menyajikan kepala kerbau untuk memohon keselamatan dan ketentraman.

Lokasi Pantai Sembrukan  berada di kecamatan Parangupito desa Sembrukan. Untuk menuju kelokasi ini dari kota Wonogiri sekitar 60 km menuju arah selatan mengikuti jalan menuju arah Kabupaten Pacitan. Pantai Sembrukan ini buka setiap dan biaya masuk yang dikenakan sangat murah.

Hanya denga Rp 1.000 Anda sudah dapat menikmati keindahan Pantai Sembrukan. Selain itu Wonogiri juga memiliki wisata lain seperti Pantai Nampu, Setren Girimanik ( wisata air terjun), Gua Putri Kencana

4 Tips Liburan Hemat dan Terjangkau

Halaman: 
Penulis : Hasballah