logo


Inovasi Pangan Jitu, Buras Ini Tahan Hingga 5 Tahun! Seperti Apa?

Buras ini dibungkus dengan aluminium foil dan bisa dimakan tanpa bantuan alat apa pun

20 Oktober 2015 10:06 WIB

Ilustrasi lontong. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi lontong. (Foto: Istimewa)

BOGOR, JITUNEWS.COM – Inovasi dalam bidang pangan lahir dari kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). Peneliti dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB mengembangkan produk pangan berupa buras atau lontong bernama buras steril. Istimewanya, tak seperti buras lainnya, buras ini tak dibungkus daun, melainkan dibungkus dengan aluminium foil dan bisa dimakan tanpa bantuan alat apa pun. Jika kemasannya tidak rusak, produk itu layak dikonsumsi hingga 5 tahun.

Adalah Profesor Sugiyono, Guru besar Fakultas Teknologi Pertanian IPB sekaligus peneliti yang mengembangkan buras steril ini. Buras steril ini lahir dari persoalan bantuan bahan makanan (logistik) yang dikirimkan untuk masyarakat yang terkena musibah bencana alam. Selama ini, pemerintah dan masyarakat, kata dia, masih mendistribusikan beras dan mie instan.

“Bantuan beras dan mie instan yang biasa dikirimkan itu, sebelum dikonsumsi para korban bencana, harus diolah atau dimasak. Padahal kondisinya darurat. Apalagi jika bencana banjir, akan sulit memasak," ucapnya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Prof Sugiono mengatakan, kelebihan buras steril adalah produk ini siap makan, relatif awet, dan praktis.

"Yang paling penting adalah layak dikonsumsi oleh masyarakat," tuturnya.

Produk buras steril yang dikembangkan oleh peneliti dari IPB ini mirip dengan biskuit gabin yang dimakan tentara di medan perang. Jika biskuit teksturnya keras dan hanya satu rasa, lain halnya dengan buras steril, rasanya bisa dikombinasikan.



Beli Beras Sachet Rp 2.500, Bisa Kenyang Satu Hari!

Halaman: 
Penulis : Riana