logo


Warung Ayu Taman, Sajikan Serobotan Khas Klungkung yang Unik

Serobotan ini akan semakin mantap jika disantap dengan sambal koples yang unik

19 Oktober 2015 14:22 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jika ingin mencicipi aneka kuliner Bali yang enak dan murah meriah ala kaki lima, datang saja ke kawasan Pura Daksinapati di Rawamangun, Jakarta Timur.

Di kawasan rumah ibadah umat Hindu ini, hadir Warung Ayu Taman yang berdiri sejak tahun 1981. Di awal usaha hanya menyajikan makanan berupa Serombotan atau sejenis urap khas Bali dan kue-kue khas Bali saja. Namun, karena banyak penggemarnya, akhirnya dihadirkan varian makanan seperti Babi Guling, Lawar, Telengis atau Pepes Blondo, Sate Lilit Ikan, Sambal Matah, Ayam Betutu, Sayur Nangka Kuah, dan Nasi Campur.

Yang menjadi salah satu menu favorit di warung ini adalah Serombotan, yang merupakan salah satu makanan yang berasal dari daerah Klungkung, Bali. Menu ini sejenis urap, namun yang membedakan dengan urap di daerah lain adalah jenis bahan yang gunakan seperti terong bulat, kangkung, bayam dan buncis.

“Ketika sayuran direbus sebaiknya setengah matang, agar warna tetap cantik yang kemudian disiram dengan air agar sayuran menjadi dingin,” ungkap I Gusti Ayu Taman, pemilik Warung Ayu Taman. Selain itu, bumbu terdiri dari sambal kelapa, sambal koples (sambal yang dibuat dari kacang tanah) dan kacang goreng.

Ketika dicicipi, menu ini memang selalu bikin ngiler, karena rasa pedas yang nendang di lidah. Paduan sayuran segar dengan sambal kelapa atau serundeng yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, terasi, dan kelapa sangrai ini terasa sangat nikmat.

Serobotan ini akan semakin mantap jika disantap dengan sambal koples yang unik. Sambal koples ini terbuat dari cabai merah, bawang merah, kencur, kemiri, terasi, kacang tanah sangrai, garam dan gula pasir yang dihaluskan. Agar rasanya segar ditambahkan perasan air jeruk limau di atasnya. Hmm…mantap!.

Tidak hanya itu, untuk mendapatkan sensasi kriuk-kriuk, Ayu menambahkan taburan kacang kedelai goreng yang gurih. Harga untuk satu porsi Serombotan ala Warung Ayu Taman sebesar Rp 7 ribu. Sedangkan menu lain dijual dari harga Rp2,5 ribu - Rp20 ribu/hari. Rumah makan ini buka dari hari Rabu-Minggu dari pukul 9 pagi – 10 malam.

Info Lebih Lanjut Dapat Menghubungi :
Warung Ayu Taman
Pura Aditya Jaya
Jl. Daksinapati Raya No. 10, Rawamangun
Jakarta Timur
Telp. (021) 47866963

Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Beef Teriyaki

Halaman: 
Penulis : Hasballah