logo


Stok Beras Melimpah, Mentan : Jangan Bicara Soal Impor Beras Dulu!

Amran menjelaskan, harga beras juga terpantau stabil, tidak ada kenaikam signifikan

17 Oktober 2015 10:09 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Dok. Jitunews)
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Dok. Jitunews)

Sementara itu, Direktur Umum PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Presetyo Adi mengungkapkan, sampai dengan hari ini stok yang dimiliki adalah sebanyak 33.600 ton. Dengan penurunan harga beras yang telah mencapai Rp 500 per kilogram dibanding pekan sebelumnya.

"Sampai dengan hari ini, stok on hand 33.600 ton. Pasokan sangat normal. Untuk harga beras saat ini stabil, tidak ada kenaikan signifikan. Dibandingkan dua minggu yang lalu turun Rp 400 sampai Rp 500 per kg. Penurunan harga untuk semua jenis," ujarnya
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam inspeksi mendadak (sidak)-nya di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (16/10) mendapati kondisi serupa, pasokan melimpah.

Dalam sidaknya, bukannya mendapati beras impor, Amran justru menemukan pasokan yang melimpah dari petani dalam negeri yang baru tiba dalam satu minggu terakhir ini

"Alur masuk beras sebesar ini di saat musim kering seperti ini yang tidak pernah terjadi. Makanya kami cek langsung kebenarannya," ujar Amran.

Amran menjelaskan, harga beras juga terpantau stabil, tidak ada kenaikam signifikan, justru terjadi penurunan untuk semua jenis beras Rp 400 hingga Rp 500 dibandingkan dua minggu lalu.

“Pasokan sangat normal. Saat ini harga beras Premium Rp 9.450 dan medium Rp 9.200 sampai Rp 9.300 per kilogramnya," ungkap Amran.

Dengan adanya pasokan melimpah ke Pasar Induk Beras Cipinang dari petani lokal, Amran makin optimis belum dibutuhkan untuk mengimpor beras.

“Di saat panceklik saja pasokan banyak, ditambah sudah terdata ada standing crop padi yang mencapai 4,1 juta hektar. Jadi jangan lagi kita berbicara soal impor-impor beras dulu,” tukasnya.

Mentan Minta Eksportir Pertanian untuk Buka Lapangan Kerja

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Riana