logo


Tanaman Tin, Si Buah Surga yang Mudah Dirawat

Tanaman tin harus rutin dilakukan penyiraman agar tidak mudah layu

15 Oktober 2015 12:50 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM –  Jika selama ini kita mampu merogoh kocek dalam untuk sebuah tanaman hias yang hanya memiliki keunggulan di beberapa bagian tubuh tanaman, misalnya seperti daun, warna atau bonggolnya saja, kenapa Anda tidak mencoba melirik untuk menanam tanaman hias Ara atau Tin di rumah?

Tanaman yang memiliki nama latin ficus carica ini sangat mudah dirawat meski di tanam dalam media pot. Tak hanya itu, ketika berbuah rasa yang dihasilkan sangat manis dan berkhasiat untuk kesehatan.

Salah seorang pedagang tanaman hias yang menjadi peserta di pameran FLONA 2015, Noval menuturkan tanaman tin memiliki varian sekitar 20 jenis tanaman Tin. Namun, para pengunjung yang bertandang di stand usahanya banyak yang mencari tanaman hias tin dengan jenis Brown Tin dan Franchise Tin. Kedua jenis varian ini terbilang cukup familiar dikalangan para penghobiis tanaman hias.

Tak hanya itu, alasan lain kenapa kedua jenis ini lebih diminati, lantaran harga dan kualitas tanaman tidak pernah berubah, dibandingkan jenis varian tanaman Tin lainnya. Lebih lanjut, pria yang sudah beberapa kali mengikuti pameran Flona ini mengungkapkan bahwa tanaman Tin idealnya di tanam di dataran tinggi. Meskipun banyak ditemukan di daratan Asia, khususnya bagian Barat, tidak menutup kemungkinan bahwa tanaman Tin banyak juga diBudidayakan di wilayah Indonesia.

Tanaman tin dapat mencapai tumbuh dengan ketinggian hingga 10 meter, sementara batangnya termasuk ke dalam batang dengan permukaan yang lunak dan memiliki warna keabu-abuan. Daunnya tumbuh lebar kedalam hingga berjumlah 3 sampai 5 cuping.

Untuk menanam tanaman Tin, jenis Brown Tin sangat cocok ditanam di wilayah yang memiliki suhu panas seperti halnya Jakarta. Noval pun memberi bocoran agar tanaman ini tumbuh subur dan sehat harus diperhatikan media tanamnya yang terdiri dari sekam dan pupuk kompos. Selain itu, tanaman ini pun harus rutin dilakukan penyiraman agar tidak mudah layu.

Harga bibit tanaman ini pun sangat terjangkau mulai dari Rp 50.000, dan untuk tanaman Tin yang telah jadi atau berbuah dihargai hingga puluhan juta rupiah.

7 Tips Sukses Berkebun Bunga bagi Pemula

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah