logo


Cara Jitu Merawat Tanaman Geranium, Si Pengusir Nyamuk yang Ampuh

Untuk pemberian nutrisi, Anda harus rajin memberikan pupuk kompos

13 Oktober 2015 15:29 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM – Keindahan tanaman hias membuat semua orang pasti menyukainya. Namun, karena keterbatasan lahan membuat beberapa penyayang tanaman hias agak kesulitan untuk menanamnya. Solusi jitu untuk mewujudkan para penghobiis tanaman hias yang merasa bentrok dengan minimnya lahan bisa dengan cara menanam di sebuah wadah. Kita pun bisa melihat aneka tanaman hias yang tumbuh elok menggantung di sebuah pot.

Salah satu tanaman hias yang cocok untuk ditanam menggantung dalam sebuah keranjang pot adalah Geranium. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang ampuh mengusir nyamuk. Aroma yang ditebarkannya mampu membuat nyamuk enggan untuk mendekat. Namun, tanaman geranium salah satu tanaman yang rewel dan memerlukan perawatan yang khusus. Menurut H.Ahyadi, seorang perngusaha tanaman hias saat di hubungi via pesawat telephon mengungkapkan kepada JITUNEWS cara jitu untuk merawat geranium agar selalu tumbuh terawat dan dapat bertahan hidup.

Menurutnya, saat melakukan penyiraman terhadap tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini janganlah terlalu sering, namun juga tidak boleh sampai kering media tanamnya, karena jika sampai kering bisa menyebabkan tanaman geranium menjadi layu.

“Untuk mengetes apakah media tanamnya kering, kita bisa mencelupkan satu jari kepermukaan tanahnya, jika terasa lembab berarti cadangan airnya cukup, namun jika kering kita harus segera menyiramnya,” bebernya. Kendati demikian, Anda pun harus memperhatikan kadar air yang diberikan. Sebab jika terlalu banyak air, bisa menyebabkan akar-akar geranium menjadi busuk.

Kemudian untuk pemberian nutrisi, Anda harus rajin memberikan pupuk kompos. Menurut H.Ahyadi kenapa memilih untuk pupuk kompos dibandingkan pupuk kimia. Disebabkan bahwa unsur zat hara yang terkandung lebih bagus untuk diserap tanaman agar tumbuh subur. Meskipun pupuk kompos memiliki kinerja yang cukup lambat.

Satu hal lagi yang harus dicermati oleh penghobiis tanaman hias, gulma merupakan ancaman bagi perkembangan tanaman. Dikarenakan unsur hara akan terserap oleh gulma apabila dibiarkan tumbuh.

Tak hanya tanaman pengganggu, H.Ahyadi pun mengungkapkan bahwa bagian tanaman geranium yang layu atau mati bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur.

“Sebaiknya kalau melihat ada geranium yang layu disalah satu pot, harus segera dipangkas atau dihilangkan. Bagian tanaman yang telah mati atau layu bisa menjadi sumber penyakit untuk geranium,” pungkas pemilik nursery Yani Flora ini di ujung perbincangan.

Ternyata Hewan 'Penghisap Darah' Manusia Ini Takut dengan Bunga Mungil yang Indah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah