logo


Menperin: PHK Hanya Isu, Kalangan Industri Malah Kekurangan Tenaga Kerja

Hal ini dapat terlihat dari kesulitannya pabrik yang baru buka di Wonogiri

13 Oktober 2015 16:00 WIB

Menteri Perindustrian Saleh Husin. (Dok. Jitunews)
Menteri Perindustrian Saleh Husin. (Dok. Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan bahwa PHK besar-besaran yang selama ini ramai diberitakan hanyalah isu belaka. Ia mengatakan kalangan industri saat ini malah lebih banyak membuka pabrik dan kesulitan untuk mencari tenaga kerja baru, hal ini dapat terlihat dari kesulitannya pabrik yang baru buka di Wonogiri untuk mendapatkan tenaga kerja.

"Apalagi diberitakan rumor PHK besar-besaran, tentu kita punya data-data yang baik. Makanya saya bilang, perusahaan apa? Dimana lokasi pabriknya? itu hanya berita-berita (isu) itu. Tapi (yang benar) ada pembukaan-pembukaan industri baru yang malah kesulitan mendapat tenaga kerja baru, ada yang di Wonogiri itu kesulitan nyari 12 ribu tenaga kerja itu," tuturnya di Hotel Pullman, Jakarta pada Senin (12/10).

Ia mengatakan kendati secara keseluruhan perekonomian Indonesia melambat pada kuartal I, tetapi industri justru tetap meningkat. Pertumbuhan industri pada kuartal I itu sebesar 5,2% yang tumbuh pada kuartal II sebesar 5,27%, hal ini menunjukkan bahwa investasi masih baik masuk ke Indonesia, khususnya di sektor manufakturing.

"Dengan perlambatan ekonomi global ini tentu memengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional, pertumbuhan ekonomi dari yang 4,71%  turun ke 4,67 % pada kuartal pertama. Tapi di industri kan masih tinggi 5,2%, terus pada kuartal II juga naik 5,27%," lanjutnya.

Apalagi dengan dikeluarkannya Paket Kebijakan Ekonomi jilid I, II, dan III oleh Presiden Joko Widodo, ini akan semakin menggairahkan iklim investasi. Saat ini sektor padat karya merupakan sektor yang fokus dikembangkan oleh pemerintah, oleh karena itu dirinya yakin dengan berbagai kemudahan yang diberikan pemerintah investor akan berbondong-bondong menanamkan modalnya di Indonesia.

"Tentu dengan berbagai Paket Kebijakan Ekonomi, tentu memberikan tujuan untuk memudahkan investor untuk melakukan aktivitas (investasi) dan izin-izin (dipermudah) sehingga gairah investasi akan naik luar biasa," lanjutnya.

Soal Banyaknya PHK Massal, Darmin: Itu Bagian dari Dinamika

Halaman: 
Penulis : Andi Dwijayanto, Vicky Anggriawan