logo


Freeport di Atas Angin, Pemerintah Jamin Investasi di Indonesia

Disetujuinya proposal investasi senilai US$ 18 miliar yang akan diberikan manajemen Freeport Indonesia

11 Oktober 2015 14:19 WIB

Freeport Indonesia di Papua.(Dok.Jitunews.com)
Freeport Indonesia di Papua.(Dok.Jitunews.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Perusahaan tambang raksasa Amerika Serikat, Freeport-McMoRan Inc dikabarkan telah mendapat sinyal dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said terkait keberlangsungan investasi anak usahanya di Papua, yakni PT Freeport Indonesia (PTFI) pasca habisnya kontrak pada 2021 mendatang.

Hal ini diketahui dengan disetujuinya proposal investasi senilai US$ 18 miliar yang akan diberikan manajemen Freeport Indonesia untuk mengembangkan usaha pertambangan bawah tanah (undergound mining) dan mengeksekusi pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian biji mineral mentah (smelter).
 
"Kami sangat senang dengan jaminan kepastian hukum dan fiskal dari Pemerintah Indonesia. Kami berharap (putusan ini dapat) melanjutkan kemitraan dan rencana investasi jangka panjang kami untuk memajukan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan perekonomian di Papua,” demikian ungkap Chairman of the Board Freeport-McMoRan Inc, James R. Moffett, seperti dilansir dari keterangan resminya, Sabtu (10/10).
 
Sementara itu, Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan untuk memuluskan keberlangsungan kegiatan pertambangan PT Freeport Indonesia, pemerintah akan merevisi sejumlah peraturan pertambangan di Indonesia.
 
Peraturan tersebut meliputi Undang-Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara dan PP No. 79 Tahun 2014 tentang Perubahan Ketiga Atas PP No. 23 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.
 
Selanjutnya, pemerintah dilaporkan juga akan menyiapkan insentif fiskal menyusul komitmen Freeport yang akan menanamkan investasi di Indonesia.
 
“Kami menyambut baik kelanjutan investasi Freeport di Papua yang akan meningkatkan perekonomian lokal dan nasional,” pungkas Sudirman.

|ty|berbagai sumber|

Cari Utangan Buat Bangun Smelter, Freeport: Mungkin Sudah 15 Bank yang Berminat….

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya